Mahasiswa PCR Berinovasi Membuat Tricycle Bike bagi Penyandang Disabilitas

/ / Berita
Mahasiswa PCR Berinovasi Membuat Tricycle Bike bagi Penyandang Disabilitas

Peduli kepada penyandang disabilitas, mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) berinovasi membuat tricycle bike atau sepeda roda tiga. Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) membuat sepeda listrik roda tiga untuk penyandang disabilitas. Alat inovasi Yudi Pranata ini diberi nama tricycle bike, dan ini adalah sebuah inovasi transportasi yang diciptakan untuk membantu penyandang disabilitas.

Adapun ide pembuatan sepeda ini dikarena melihat masih minimnya peran pemerintah dan masyarakat terhadap kaum disabilitas untuk memberikan sebuah alat transportasi yang fleksibel dan nyaman bagi penyandang disabilitas.

Yudi menjadi terinspirasi untuk membuat suatu karya tugas akhir kuliah dengan membuat sebuah alat sepeda listrik roda tiga untuk penyandang disabilitas. Tricycle Bike merupakan suatu kendaraan sepeda listrik roda tiga dengan menggunakan dual system kendali yakni sistem elektrik dan sistem manual. Kendaraan ini dikhususkan bagi para penyandang disabilitas. Yudi menjelasakan cara kerja dari tricycle bike ini dapat dikendalikan secara model manual dan elektrik.

“Cara bekerja sistem elektrik yaitu saat pengguna menaiki kendaraan, sensor berat akan mendeteksi adanya beban, apabila beban badan pengguna dibawah beban maksimum, pengguna dapat menjalankan kendaraan ini dengan cara menekan langsung tombol pushbutton sehingga kendaraan akan berjalan”, jelasnya.

Ditambahnya lagi apabila beban pengguna kendaraan melebihi beban maksimum yakni diatas 70 kilogram, kendaran tidak dapat dioperasikan pada mode elektrik.

“Jika beban pengguna sepeda diatas dari maskimum, ia tidak bisa menggunakan mode elektrik, namun pengguna masih bisa menggunakan sepeda dengan mode manual dengan mengeluarkan tenaga yang cukup besar”, ungkapnya

Dirinya berharap agar alat ini dapat membantu kaum disabilitas khususnya orang-orang yang mengalami cacat kaki guna membantu mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti bepergian.

 

Sumber: Tribun Pekanbaru, ‘Peduli kepada Penyandang Disabilitas, Mahasiswa PCR Berinovasi Membuat Tricycle Bike‘, 18 September 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/18/peduli-kepada-penyandang-disabilitas-mahasiswa-pcr-berinovasi-membuat-tricycle-bike> [diakses 5 Oktober 2018]