Mahasiswa PENS Dibekali Persiapan Revolusi Industri 4.0

/ / Berita
Mahasiswa PENS Dibekali Persiapan Revolusi Industri 4.0

Cepatnya perubahan terkait Revolusi Industri 4.0 harus dihadapi dan dijawab wisudawan PENS dengan sebelumnya telah mempersiapkan diri melalui banyak bekal yang penting dan dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0, tegas Dr. Zainal Arief Direktur PENS punya kata kunci penting yaitu Big Data and Analytics, Smart System, Cyber Physical Systemdan Internet of Things (IoT) yang wajib dipahami dan dikenali mahasiswa serta para wisudawan alumni PENS menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

“Selain memang mendapatkan berbagai materi kuliah, para mahasiswa dan calon wisudawan wajib mengenali kunci penting dalam kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0, karena masa depan wajib dihadapi. Mahasiswa dan wisudawan PENS harus memahami Revolusi Industri 4.0,” tegas Zainal Arief.

Kata kunci itu, tambah Zainal penting sebagai satu diantara dukungan kalangan perguruan tinggi sesuai dengan visi dari Kemenristekdikti Republik Indonesia, yaitu Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Oleh karena itu, PENS telah memperkuat kerjasamanya dengan institusi pendidikan, badan atau lembaga pemerintah, serta dengan dunia usaha dan industri, baik dalam hal penelitian, penyelarasan kebutuhan industri dengan kurikulum pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa berupaya untuk meningkatkan produk inovasi melalui penelitian, proyek akhir dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Hal tersebut juga didukung pengembangan dan pembinaan program di inkubator bisnis PENS Sky Venture yang diperuntukkan bagi mahasiswa atau wisudawan dan lulusan yang ingin mengembangkan diri menjadi seorang technopreneur.

Selain ijazah dan transkrip nilai, PENS ditambahkan Zainal juga memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang menerangkan bahwa wisudawan pemegang ijazah memiliki sertifikat kompetensi keahlian dan prestasi yang pernah diraih.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar Wisuda ke 12 Program Magister Terapan, Sarjana Terapan, dan Diploma III, bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana dengan mengkukuhkan sebanyak 175 wisudawan.

Zainal Arief Direktur PENS berharap para wisudawan yang telah memiliki keterampilan dan dibuktikan melalui Ijazah serta sertifikat sudah tidak ragu lagi menghadapi Revolusi Industri 4.0. “Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki mahasiswa maka semoga mereka siap dan mampu menghadapi Revolusi Industri 4.0,” pungkas Zainal Arief, Senin (4/3/2019).

 

Sumber: Suara Surabaya, ‘Mahasiswa PENS Dibekali Persiapan Revolusi Industri 4.0‘, 4 Maret 2019, <https://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2019/217602-Mahasiswa-PENS-Dibekali-Persiapan-Revolusi-Industri-4.0-> [diakses 26 Maret 2019]