Mahasiswa Polinema Sulap Limbah Cair Jadi Air Kaya Oksigen

/ / Berita
Mahasiswa Polinema Sulap Limbah Cair Jadi Air Kaya Oksigen

Lima mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) menciptakan suatu sistem pengolahan limbah cair, yang dapat menghasilkan air kaya oksigen.

Rendi Rainardi, Tri Suharno, Alfan Sasongko Gumilang, Masroni dan Bambang Sugiyono Agus Purwono berhasil meraih juara 2 bidang lingkungan hidup dalam lomba lingkungan hidup dalam lomba inovasi teknologi Kota Malang tahun 2018.

Waste Management for Small Industry Water Treatment Plants karya lima mahasiswa Polinema tersebut dapat mengetahui perbedaan karakteristik limbah yang akan diolah, mengetahui langkah-langkah penanganan limbah dengan tepat juga menciptakan metode pengolahan yang benar dan efisien.

Tak hanya itu,  karya mereka juga dapat meyakinkan masyarakat bahwa air limbah yang telah diolah aman, mengurangi biaya pengeluaran perusahaan dan tentunya memenuhi persyaratan peraturan pemerintah terkait limbah B3.

Salah satu perwakilan tim, Tri Suharno menceritakan sesuai dengan peraturan Badan Lingkungan Hidup () setiap perusahaan harus memiliki sistem pengolahan limbah, sehingga hal tersebutlah yang melatarbelakangi tim mereka untuk menciptakan karya tersebut.

“Jika perusahaan tidak memiliki sistem pengolahan limbah, perusahaan tersebut akan ditutup.

Dari situ kita mencari cara, bagaimana cara mengolah limbah dari perusahaan,” ujarnya kepada MalangTODAY.net beberapa waktu lalu.

Tri Suharno juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan air kaya oksigen,  biasanya orang kebanyakan menggunakan kompresor dan blower untuk memasukkan gelembung-gelembung kedalam air. Namun kelemahannya, hanya bisa menembus kedalaman air maksimal 1,5 meter.

“Selain memenuhi persyaratan juga efisien, karena disini pompa yang seharusnya menggunakan kompresor yang harus menggunakan listrik berlebih, kita hanya memanfaatkan pompa saja yang bisa menembus kedalaman sedalam apapun,” tuturnya.

Ia juga menceritakan bahwa hasil karya dari timnya tersebut sudah diterapkan pada salah satu perusahaan di Lawang,  Kabupaten Malang.

“Hanya menggunakan satu pompa saja untuk semua sistem,  jadi lebih irit,” pungkasnya.

 

Sumber: Malang Today, ‘Mahasiswa Polinema Sulap Limbah Cair Jadi Air Kaya Oksigen‘, <https://malangtoday.net/malang-raya/pendidikan/mahasiswa-polinema-sulap-limbah-cair-jadi-air-kaya-oksigen/> [diakses 23 Oktober 2018]