Menristekdikti Harapkan PNUP Mampu Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi di Indonesia Timur

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project

Makassar – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, melakukan kunjungan kerja ke Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian besar pemerintah terhadap peningkatan kualitas pendidikan berbasis vokasi.

Acara yang dipusatkan di auditorium kampus II PNUP tersebut turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo dan Staf Ahli Bidang Infrastruktur Hari Purwanto.

Pada kesempatan itu, Nasir mengatakan lulusan pendidikan vokasi jenjang Diploma IV selama ini kadang masih dianggap tidak setara dengan sarjana sehingga mengalami kesulitan bersaing di dunia kerja. Menanggapi fenomena itu, pihaknya telah bersurat ke berbagai instansi pemerintah, pihak swasta, BUMN yang menyatakan bahwa lulusan Diploma IV dari politeknik setara dengan lulusan sarjana akademik.

“Saya berharap lulusan politeknik menjadi ‘pemain tengah’ dalam penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi,” ujar Menristekdikti saat memberikan arahan di Auditorium Kampus II PNUP, Kamis (15/2/2018)

Nasir menaruh harapan besar agar PNUP mampu melakukan transformasi sebagai politeknik terbaik dan menjadi rujukan pendidikan vokasi di Wilayah Indonesia Timur. Untuk itu, Kemenristekdikti tengah fokus dalam melakukan revitalisasi politeknik mulai dari revitalisasi kurikulum, penguatan kapasitas dan kapabilitas dosen hingga kompetensi mahasiswa sebagai bentuk usaha peningkatan pendidikan vokasi.

“Guna meningkatkan kualitas dosen politeknik, kami telah menyiapkan Program Beasiswa ‘Retooling’ Kompetensi Vokasi kepada dosen pendidikan tinggi vokasi berupa bantuan pembiayaan bagi dosen politeknik untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi baik dalam maupun luar negeri,” tambah Nasir

Sementara itu, Direktur Politeknik, Hamzah Yusuf mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan Menristekdikti ke PNUP untuk pertama kalinya. Kehadiran Menristekdikti diharapkan mampu menjadi momentum bahwa pemerintah memberikan dukungan penuh pada peningkatan mutu pendidikan vokasi.

“Saya berharap kunjungan Menristekdikti disini dapat menimbulkan dampak yang positif bagi segenap civitas akademika untuk berkontribusi besar pada peningkatan pendidikan vokasi yang diemban PNUP,” pungkasnya.

 

Sumber: Online24, ‘Menristekdikti Harapkan PNUP Mampu Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi di Indonesia Timur‘, 15 Februari 2018, <http://online24jam.com/2018/02/15/92960/menristekdikti-harapkan-pnup-mampu-jadi-rujukan-pendidikan-vokasi-di-indonesia-timur/> [diakses 23 April 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *