PCR dan NET1 Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi Daerah Rural

/ / Berita
PCR dan NET1 Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi Daerah Rural

Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektronika Telekomunikasi Politeknik Caltex Riau (PCR) melakukan kerjasama dengan NET1 Indonesia Area Riau – Kepri dalam pembuatan antena Yagi 450 MHz.  Kerjasama ini ditandai dengan melakukan penandatanganan MoU pada Jumat, (14/09) kemarin di Kantor Net1 Indonesia Area Riau – Kepri. Penandatanganan ini langsung di lakukan oleh Area Head Riau-Kepri, Jhon Azmi serta dihadiri Ketua Program Studi Teknik Telekomunikasi, Noptin Harpawi dan beberapa dosen lainnya.

Noptin menjelaskan, kerjasama dilakukan dalam rangka pengembangan penelitian dan memenuhi kebutuhan akan bidang telekomunikasi pada kedua belah pihak.

“Kerjasama kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan kedua pihak yang tentunya pada bidang telekomunikasi. Adapun PCR, dapat memenuhi kebutuhan Net1 Indonesia Area Riau-Kepri dalam pemenuhan antena pada sisi pelanggan, sekaligus ini juga dapat menjadi mitra bagi dosen untuk lakukan penelitian”, ujarnya.

Dalam hal ini, Net1 Indonesia Area Riau-Kepri membutuhkan antena untuk memperkuat sinyal di sisi pelanggan yang lokasinya jauh dari site. PCR sebagai mitra kerjasama, akan melakukan riset tentang kebutuhan serta spesifikasi router yang baik digunakan untuk antenna.

Net1 Indonesia Area Riau-Kepri berkomitmen memiliki fokus untuk peningkatan kualitas komunikasi pada area terpencil (rural). Untuk mewujudkan program tersebut, PCR sebagai perguruan tinggi yang memiliki ilmu telekomunikasi dipercaya untuk turut berkontribusi.

“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan daerah – daerah khususnya di wilayah Riau-Kepri yang saat ini masih sulit terjangkau jaringan telekomunikasi, dapat semakin mudah memperoleh akses komunikasi”, tambahnya.

 

Sumber: PCR, ‘Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi Daerah Rural, PCR dan NET1 Indonesia Berkolaborasi‘, 17 September 2018, <https://pcr.ac.id/read/20013/tingkatkan-kualitas-jaringan-telekomunikasi-daerah-rural-pcr-dan-net1-indonesia-berkolaborasi> [diakses 4 Oktober 2018]