PCR Kembali Melaksanakan Pekan Akademik

/ / Berita
PCR Kembali Melaksanakan Pekan Akademik

Menjelang memasuki semester genap tahun ajaran 2018/2019, Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali melaksanakan Pekan Persiapan Akademik di Auditorium. Kegiatan ini dilakukan setiap awal semester dan merupakan persiapan para Dosen dan Asisten Instruktur Laboratorium dalam penyususnan pembelajaran pada perkuliahan mendatang.

Pekan Akademik merupakan inisiasi dari  Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu Politeknik Caltex Riau yang bertujuan untuk mempersiapkan semua perangkat pembelajaran sebelum memulai aktivitas pembelajaran. Kegiatan akan berlangsung dari hari senin hingga jumat di Auditorium PCR dan dihadiri oleh seluruh Dosen dan Asisten Instruktur Laboratorium.

Dalam hal ini, Dosen dan Laboran sebagai Staf Pengajar diwajibkan membuat dokumen pembelajaran yaitu pengecekan dan penyusunan kembali Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), membuat kontrak belajar, validasi soal ujian, serta persiapan laboratorium untuk kuliah praktikum.

Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T.,M.T. Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan Pekan Persiapan Akademik dilakukan untuk melengkapi seluruh kebutuhan ideal proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

“Pekan Persiapan Akademik merupakan pekan dimana seluruh civitas akademika Politeknik Caltex Riau mempersiapkan semester dan tahun ajaran baru yang akan dihadapi dengan melengkapi seluruh kebutuhan capaian proses pembelajaran yang akan dilaksanakan agar semuanya tercapai”, katanya.

Ia juga menambahkan, banyak manfaat yang bisa diambil bagi mahasiswa dan dosen untuk mempersiapkan dan melaksanakan proses pembelajaran, latihan dan asesmen dalam satu siklus sehingga dapat terwujud pembelajaran terpusat.

Diakhir sesi, Ia berharap semua rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan rencana pembelajaran semester (RPS) harus selesai pada hari jumat mendantang. Hal ini dikarenakan, pada hari tersebut akan diadakan Pekan Awal Semester

Kegiatan akademik khususnya pembelajaran merupakan salah satu proses inti dari semua kegiatan di Politeknik Caltex Riau, maka kualitas kegiatan pembelajaran harus benar-benar di jaga mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan.

 

Sumber: PCR, ‘PCR Kembali Melaksanakan Pekan Akademik‘, 25 Februari 2019, <https://pcr.ac.id/read/22169/pcr-kembali-melaksanakan-pekan-akademik> [diakses 5 Maret 2019]