PCR Tanda Tangan MoU dengan Dinas Perindustrian Provinsi Riau

/ / Berita
PCR Tanda Tangan MoU dengan Dinas Perindustrian Provinsi Riau

Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Dinas Perindustrian Provinsi Riau sepakat untuk melakukan kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada hari Selasa, 5 Maret 2019 di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc dan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Drs. Asrizal, M.Pd.

Bentuk kerjasama yang disepakati antara kedua belah pihak meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pembuatan teknologi tepat guna (TTG), pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, serta promosi dan pemasaran hasil produk inovasi teknologi industry PCR menjadi salah satu fokus pada kerjsamasa ini.

Dadang mengatakan kerja sama ini bagus bagi para dosen dan mahasiswa yang sedang atau akan membuat tugas akhir.

“Nota kesepahaman ini menjadi momento bagi para civitas akademika Politeknik Caltex Riau bisa bersinergi, merealisasi, mengaplikasikan dan bisa memberikan solusi-solusi kepada para UKM atau IKM yang ada di Provinsi Riau”, jelasnya

Hal ini selaras dengan dikatakan oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal. Disperin Provinsi Riau sebelumnya sudah bersinergi dengan Civitas Akademika Politeknik Caltex Riau dengan membawa permasalahan di IKM guna membuat teknologi tepat guna yang bisa menjadi solusinya.

“Alat Pengiris Bawang Otomatis, Sistem Automasi Pada Mesin Pengupas Pinang merupakan salah satu bentuk sinergitas antara IKM, Disperin dan Politeknik Caltex Riau. Alat tepat guna tersebut memberi manfaat yang banyak bagi para pelaku IKM tersebut. Selain efisiensi waktu, produksi mereka jadi lebih cepat dan mudah”, jelasnya

Ariszal juga menambahkan, Disperin akan segera menyampaikan data-data kebutuhan teknologi dari IKM yang ada di Riau untuk bisa menjadi masukan bagi mahasiswa dan dosen untuk membuat tugas akhir. Hasil ini kita harapkan bisa menjadi produk yang dapat memecahkan masalah bagi IKM di Provinsi Riau dalam memproduksi barang atau jasa.

Selain melakukan proses penandatangani kerja sama antara Politeknik Caltex Riau dan Dinas Perindustrian Provinsi Riau. Pada kesempatan ini Kadisperin Drs. Asrizal, M.Pd juga memberikan kuliah umum dengan tema Tantangan dan Peluan Revolusi Industri 4.0 di Provinsi Riau.

 

Sumber: PCR, ‘Sinergi Pemanfaatan Inovasi Teknologi Tepat Guna, PCR Tanda Tangan MoU dengan Dinas Perindustrian Provinsi Riau‘, 5 Maret 2019, <https://pcr.ac.id/read/23093/sinergi-pemanfaatan-inovasi-teknologi-tepat-guna-pcr-tanda-tangan-mou-dengan-dinas-perindustrian-provinsi-riau> [diakses 27 Maret 2019]