Pembukaan Acara CSR Pertamina Bekerja Sama dengan Polibatam

/ / Berita
Pembukaan Acara CSR Pertamina Bekerja Sama dengan Polibatam

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu demi mewujudkan kemandirian dan kualitas hidup masyarakat Politeknik Negri Batam (Polibatam) bekerjasama dengan PT. Pertamina melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hang Nadim, menyalurkan program Corporate Sosial Responbility (CSR) pada Kamis (19/7) di Gedung Serbaguna RW 1 Kelurahan Batu Besar Nongsa.

Acara ini di hadiri oleh beberapa tamu penting seperti :
– Ketua RW 01 Batu Besar Nongsa, Bapak Ir. M. Syahid Yusri
– Manager Region Pertamina, Bapak Oos Kosashi
– Direktur Politeknik Negeri Batam , Bapak Dr. Priyono Eko Sanyoto
– Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Batam, Bapak Muslim Ansori
– Perwakilan Walikota Batam  oleh Asisten Administrasi Umum, Bapak Firmansyah S.Sos. M,Si
– Operation Head (OH) DPPU Hang Nadim, Sukamto

Dalam wawancara bapak Muslim Ansori, selaku Pembantu Direktur (Pudir) III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama mengatakan “Penyaluran CSR ini merupakan kerjasama antara Polibatam dan Pertamina, program ini bentuk pengabdian kepada masyarakat agar bisa mewujudkan kemandirian dan kualitas hidup masyarakat khusus di Nongsa, dan juga kalaborasi antara Perguruan Tinggi dan Perusahaan untuk menyalurkan dana CSR bertujuan agar program yang dijalankan bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat karena dalam implementasinya saling mengisi satu sama lain.

Kebanyakan jalan sendiri-sendiri, kalau kita berkerjasama bisa saling mengisi, misal Polibatam memiliki kelebihan SDM yang masih muda sehingga punya ide kreatif untuk merumuskan kesulitan yang terjadi di tengah masyarakat, sementara Perusahaan tidak memiliki karyawan spesifik mengurusi CSR, namun mereka memiliki dana,”. Apabila dilakukan peleburan menjadi satu maka target penyaluran CSR akan lebih tepat sasaran. “Ini program luar biasa yang bisa dijadikan pedoman oleh perusahaan lain, semoga program bisa berlanjut secara Berkelanjutan. Tambah bapak Muslim Ansori dalam manutup wawancaranya.

Operation Head (OH) DPPU Hang Nadim, Bapak Sukamto menyampaikan program CSR Desa Berdaya Pertamina DPPU Hang Nadim merupakan program berkelanjutan bagi masyarakat Kelurahan Batu Besar, Nongsa untuk memberikan pemberdayaan masyarakat di lingkungan operasi, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR).

Ia juga menjelaskan bahwa Program CSR ini diberikan berupa Program pelatihan menyulam, Program pemberdayaan kelompok pengrajin gonggong, Posyandu sehati dan Pelatihan bengkel las listrik yang dilakukan bekerja sama dengan Politeknik Negeri Batam.

“Tentunya program CSR ini, bekerjasama dengan Politeknik Negeri Batam, Kota Batam dalam memberikan kemampuan skill bagi para pemuda produktif  yang mampu menjalan usaha kecil dan mikro,” ujarnya.

Sukamto juga mengungkapkan bahwa sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat. Dengan menyejahterakan manusia, alam, dan lingkungan, maka Pertamina akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Sementara itu tokoh masyarakat RW 1, Batu Besar, Sahid memberikan ucapan terimakasih kepada Polibatam dan Pertamina karena memilih daerah mereka sebagai tempat untuk penyaluran dana CSR. “Saya mengucapkan terimakasih semoga dengan program ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Dan di bawah ini adalah foto-foto momen penting dalam acara ini.

 

Sumber: Polibatam, ‘Pembukaan Acara CSR (Corporate Social Responsibility) Pertamina bekerjasama dengan Politeknik Negeri Batam‘, 20 Juli 2018, <https://www.polibatam.ac.id/7635-2/> [diakses 10 September 2018]