Pemkab Landak Lakukan Kerjasama Dengan Politeknik Samarinda dan Dunia Industri

/ / Berita
Pemkab Landak Lakukan Kerjasama Dengan Politeknik Samarinda dan Dunia Industri

Bertempat di aula besar kantor Bupati Landak, Senin (8/10) telah dilakukan penandatanganan MOU kerjasama antara pemerintah Kabupaten Landak dengan Politeknik Negeri Samarinda dan Pemerintah Kabupaten Landak dengan dunia usaha dan dunia industri.

Penandatangan MOU ini bersamaan dengan acara Yudisium Angkatan II Ahli Pratama Program Studi Teknik Alat Berat dan Desain Produk Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Samarinda rintisan akademi komunitas Negeri Landak Tahun 2018.

”Pemerintah Kabupaten Landak berupaya untuk menjembatani antara pihak lembaga pendidikan
dengan dunia usaha sehingga kita berharap anak-anak yang lulus dari lembaga pendidikan ini bisa langsung terserap sesuai kebutuhan dengan dunia usaha tersebut,” ujar Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa dengan sejumlah media, Senin 8 Oktober 2018.

Menurut mantan anggota DPR RI dua periode itu menjelaskan, isi dalam MOU tersebut, bahwa mereka di sini belum punya kampus, jadi sementara masih sewa kampus dari pemerintah Kabupaten Landak.

Berdasarkan aturan yang baru, bahwa paling lambat 2019, setidaknya harus ada aset yang di miliki oleh mereka.

Pemerintah Kabupaten Landak sendiri masih melakukan tahapan penjajakan untuk menghibahkan tanah dan bangunan kepada akademi komunitas Negeri Landak ini.

Sambutan dari Ketua Satuan Kerja Daerah, Aspansius melaporkan, bahwa akademi komunitas Negeri Landak ini didirikan pada tanggal 5 Oktober 2016 berawal dari 2 program study yakni program study desain produk, konsentrasi pengasahan Intan dan desain berlian.

Sedangkan program kedua yakni, program study teknik alat berat dengan konsentrasi operator alat berat.

Namun dengan keyakinan dan kebutuhan di masyarakat, maka pada Tahun 2017 konsentrasi prody disain produk yang awalnya pengasahan intan dan desain perhiasan beralih menjadi konsentrasi percetakan digital.

Saat ini, Akademi Komunitas Negeri Landak masih di bawah binaan Politeknik Negeri Samarinda. Oleh karena itu, segala hal yang berkaitan dengan kurikulum sesuai arahan perguruan tinggi tersebut.

”Lulusan akademi komunitas ini diharapkan dapat meningkatkan partisifasi pada tenaga kerja dan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat di daerah,” kata Aspansius yang juga Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak ini.

 

Sumber: Strategi, ‘Pemkab Landak Lakukan Kerjasama Dengan Politeknik Samarinda dan Dunia Industri‘, 8 Oktober 2018, <https://strategi.co.id/pemkab-landak-lakukan-kerjasama-dengan-politeknik-samarinda-dan-dunia-industri/> [diakses 25 Oktober 2018]