Penandatanganan MOU antara Polibatam dengan BPJPH Kementerian Agama RI

/ / Berita
Penandatanganan MOU antara Polibatam dengan BPJPH Kementerian Agama RI

Bertempat di auditorium Politeknik Negeri Batam, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pihak Politeknik Negeri Batam dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dilakukan, Kamis (21/2/2019) pukul 08.30 WIB,

Pada agenda tersebut, juga disebutkan bahwa pihak Politeknik Negeri Batam untuk pertama kalinya mendirikan Pusat Kajian Halal (Halal Center) di Provinsi Kepulauan Riau.

“Melihat pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini, kita rasa hal ini perlu untuk disegerakan,” ujar DR. Ir. Priyono Eko Sunyoto, DEA selaku Direktur Politeknik Negeri Batam dalam pidatonya.

Dijelaskan olehnya, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam, Politeknik Negeri Batam sangat mendukung penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini, kita sebagai perguruan tinggi terkemuka berharap dapat bekerjasama secara maksimal dengan BPJPH yang berada di bawah Kementerian Agama,” ujarnya lagi.

Priyono menyebut bahwa dengan berdirinya Pusat Kajian Halal (Halal Center), adalah salah satu bentuk pengaplikasian salah satu dharma perguruan tinggi yang selama ini menjadi pedoman setiap civitas akademika.

MOU Politeknik Negeri Batam dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kamis (21/2/2019) pukul 08.30 WIB,

MOU Politeknik Negeri Batam dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kamis (21/2/2019) pukul 08.30 WIB

“Ini sebagai wujud pengaplikasian salah satu dharma perguruan tinggi,” tambahnya.

Seperti yang diketahui, terdapat tiga dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Agenda tersebut juga dihadiri oleh Prof. Ir. Sukoso (Kepala BPJPH), KH. Usman Ahmad (Ketum MUI Kota Batam), beberapa pelaku usaha di Kota Batam, perwakilan unit kemahasiswaan, serta tamu undangan lainnya.

“Terima kasih kepada Bapak Direktur Politeknik Negeri Batam telah bersedia untuk menandatangani nota kesepahaman ini. Artinya Poltek menjadi perguruan tinggi ke-21 yang telah bersedia bekerjasama dengan BPJPH,” ujar Prof. Ir. Sukoso selaku Kepala BPJPH Kementerian Agama RI pada pidatonya.

Dalam pidatonya, Sukoso juga menjelaskan bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk guna menjalankan amanat UU Nomor 33 Tahun 2014 yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum tentang produk halal kepada masyarakat.

“Dengan kerjasama yang dilakukan serta dengan didirikannya Halal Center ini, saya berharap masing-masing kita dapat menjalankan tugas secara maksimal untuk kepentingan masyarakat. Apalagi ditengah arus lintas barang dan jasa yang begitu bebas, sehingga harus ada standar dan filter bagi berkembangnya produk yg ada,” tambah Sukoso lagi.

Dalam hal ini, Sukoso menyebutkan bahwa peran perguruan tinggi sangatlah penting. Perguruan tinggi nantinya adalah sebagai penyelia atau pendamping konsultan bagi setiap para pelaku usaha.

Saat agenda berlangsung, juga diadakan kuliah umum kepada para pelaku usaha dan mahasiswa. Terlihat setiap peserta mengikutinya dengan sangat antusias.

“Saya datang karena bagi saya ini penting. Siapa tahu nanti saya mau buka usaha kan? Jadi harus tahu juga perihal yang demikian,” ujar salah satu mahasiswi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Batam sambil mempersiapkan alat tulisnya.

Agenda ini dibuka oleh MC pria yang sangat menghibur dengan pantun-pantun yang dibacakannya ketika membawakan acara.

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, agenda juga dibuka oleh Doa yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI Kota Batam, KH. Usman Ahmad.

“…Mahasiswa adalah tumpuan bangsa kedepan, jagalah mereka. Jadikan pertemuan ini sebagai media belajar, serta menjadi agenda silaturahmi untuk kami dalam menjaga ukhuwah islamiyah,” ucap KH. Usman Ahmad dalam doanya.

 

Sumber: Tribun Batam, ‘Pertama Kali di Batam, Politeknik Negeri Batam DIrikan Pusat Kajian Halal‘, 21 Februari 2019, <http://batam.tribunnews.com/2019/02/21/pertama-kali-di-batam-politeknik-negeri-batam-dirikan-pusat-kajian-halal?page=all> [diakses 2 Maret 2019]