PENS Gelar Kuliah Tamu The Future Of Smart Grid Guna Tingkatkan Wawasan Mahasiswa

/ / Berita
PENS Gelar Kuliah Tamu The Future Of Smart Grid Guna Tingkatkan Wawasan Mahasiswa

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus berupaya meningkatkan prestasi dan pengetahuan Civitas Akademikanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kuliah tamu yang telah diselenggarakan pada Jumat (31/8) lalu.  Bertempat di Teather gedung D3 PENS kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PENS dari berbagai jurusan.

Bertajuk The Future Of Smart Grid, kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Pekik Argo Dahono sebagai pemateri. Berbeda dengan kegiatan pada umumnya, kuliah tamu ini adalah bentuk kerjasama perdana antara PENS dan ITS pada salah satu program Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yakni World Class Professor. Dimulai pukul 08.30 WIB, ruang Teather nampak dipenuhi oleh para peserta. Terhitung sebanyak 150 peserta hadir dalam kuliah tamu kali ini.

Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Ir. Pekik Argo Dahono menyampaikan beberapa hal diantaranya bagaimana sistem kelistrikan di Indonesia pada masa yang akan datang dan peranan Elektronika Daya di dalamnya. Tidak hanya itu, beliau juga membicarakan mengenai kemungkinan Indonesia dapat 100% menggunakan energi terbarukan pada masa yang akan datang. Pesan-pesan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa PENS turut diberikan pada kesempatan ini, diantaranya adalah untuk terus belajar meskipun tidak pada ilmu yang sesuai dengan jurusannya.

“Karena in the future, sistem kelistrikan akan semakin smart tentunya membutuhkan ilmu yang sifatnya multidisiplin. Oleh karena itu saya berharap mahasiswa PENS meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu yang lain seperti ekonomi dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Seluruh peserta mengikuti serangkaian acara dengan antusias. Sesi tanya jawab pun dilakukan dalam kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini dapat lebih membuka wawasan mahasiswa PENS sehingga dapat menjadi generasi yang bermanfaat untuk Indonesia kedepannya.

 

Sumber: PENS, ‘PENS Gelar Kuliah Tamu The Future Of Smart Grid Guna Tingkatkan Wawasan Mahasiswa‘, 1 September 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/09/01/pens-gelar-kuliah-tamu-the-future-of-smart-grid-guna-tingkatkan-wawasan-mahasiswa/> [diakses 24 September 2018]