PENS Gelar Upacara dalam Rangka Hari Kesaktian Pancasila 2018

/ / Berita
PENS Gelar Upacara dalam Rangka Hari Kesaktian Pancasila 2018

Bertepatan pada tanggal 1 Oktober 2018, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut menggelar Upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara kali ini dihadiri oleh Mahasiswa Baru 2018 Program Diploma III, perwakilan dari organisasi mahasiswa (ormawa), serta para dosen, staf, dan karyawan. Dipimpin secara langsung oleh Direktur PENS, Dr. Zainal Arief S.T., M.T., acara dimulai pada pukul 06.00 WIB dan bertempat di Lapangan Merah D3 PENS.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengangkat tema “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”. Diangkatnya tema ini bertujuan agar para generasi penerus bangsa membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan upacara ini bukan semata untuk membuka luka lama tragedi kemanusiaan  yang terjadi pada 30 september 1965, melainkan juga bertujuan untuk mengenang keberhasilan bangsa dalam mempertahankan ideologi Pancasila .

Dalam kesempatan ini juga dibacakan ikrar oleh petugas upacara. Ikrar ini berisi pentingnya semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, agar bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setelah pembacaan ikrar, tedapat pemutaran lagu Andhika Bayangkari sebelum upacara ditutup dengan doa oleh Imamul Arifin, Lc., MHI.

“Untuk generasi muda diharapkan tetap menjaga  nilai-nilai dari  Pancasila, agar mengetahui bagaimana sejarah Indonesia mulai dari zaman penjajahan hingga kemerdekaan sampai saat ini. Sehingga harapannya generasi muda dapat bersama-sama menjaga NKRI  dengan karakter yang baik, kita ingin mahasiswa PENS ini menjadi mahasiswa yang cerdas, berakhlak mulia sehingga bersama-sama menjaga NKRI dengan berkontribusi maksimal sesuai dengan kompetensi,“ ungkap Direktur PENS.

 

Sumber: PENS, ‘PENS Gelar Upacara dalam Rangka Hari Kesaktian Pancasila 2018‘, 3 Oktober 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/10/03/pens-gelar-upacara-dalam-rangka-hari-kesaktian-pancasila-2018/> [diakses 15 Oktober 2018]