PENS Jadi Salah Satu Tujuan Kunjungan Program Pertukaran Pelajar Surabaya-Busan 2019

/ / Berita
PENS Jadi Salah Satu Tujuan Kunjungan Program Pertukaran Pelajar Surabaya-Busan 2019

Menjadi politeknik terbaik di Indonesia, lantas membuat Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap menerima kunjungan. Selasa (19/2), PENS menjadi tujuan kunjungan oleh pelajar SMP dan SMA dari Busan, Korea dan juga Surabaya. Program ini merupakan tahun ke-25 hubungan persaudaraan antar kota (sister city) bagi kedua kota.

Para pelajar Korea ini tiba di Surabaya pada hari Minggu lalu dan akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Surabaya. Rombongan terdiri dari 14 pelajar Korea yang berasal dari Busan Golf High School dan Haeyeon Middle School. Selain itu, juga terdapat pelajar dari SMPN 1 Surabaya, SMPN  3 Surabaya, SMPN 6 Surabaya, serta SMPN 22 Surabaya. Adanya pelajar dari kedua kota dimaksudkan agar mereka dapat saling bertukar pengalaman mengenai pendidikan di kedua negara ini.

Menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Surabaya yang masuk pada daftar tujuan kunjungan, tentu menjadi sebuah kehormatan bagi Kampus PENS. “PENS ini kita tahu adalah kampus vokasi terbaik di Indonesia. Karena itulah Surabaya merasa bangga dan perlu untuk menunjukkan bahwa Surabaya punya PENS ini,” ujar Cavita Ezra selaku Perwakilan Administrasi Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya Bagian Luar Negeri,.

Tiba di PENS pada pukul 13:00 WIB, rombongan berkumpul di Ruang Teater Gedung D3 untuk sesi pembukaan. Selain sambutan dari Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., juga terdapat sambutan dari pihak Korea. Usai sambutan, para pelajar diajak untuk berkeliling kampus. Mereka berkesempatan untuk mengunjungi Pusat Unggulan Teknologi (PUT) PENS dan menyaksikan secara langsung cara kerja berbagai teknologi terkini yang ada di PENS, diantaranya adalah Manufaktur PCB, dan berbagai teknologi lain seperti CNC dan 3D Printer.

Selain itu, juga dikenalkan beberapa perusahaan startup binaan Inkubator Bisnis PENS Sky Venture. Selanjutnya, mereka mengunjungi Laboratorium Intelligent Mechatronics & Industrial Automation (IMIA). Para siswa ini terlihat sangat antusias dalam melakukan kunjungan dan menyaksikan demo dari Robot Pemantau Playground karya Mahasiswa PENS. Kunjungan ini diharapkan mampu memberikan citra yang baik dari Kampus PENS sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, khususnya Kota Surabaya.

 

Sumber: PENS, ‘PENS Jadi Salah Satu Tujuan Kunjungan Program Pertukaran Pelajar Surabaya-Busan 2019‘, 20 Februari 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/02/20/pens-jadi-salah-satu-tujuan-kunjungan-program-pertukaran-pelajar-surabaya-busan-2019/> [diakses 1 Maret 2019]