PENS Kerjasama dengan Universitas Chung Cheong Korea

/ / Berita
PENS Kerjasama dengan Universitas Chung Cheong Korea

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) lakukan penandatanganan kesepahaman dengan Universitas Chung Cheong Korea dibidang teknik dan beberapa bidnag lainnya. Penandatanganan itu merupakan bagian dari kerjasama yang melibatkan sekurangnya 40 politeknik negeri yang ada di sejumah kota di Indonesia, termasuk PENS sebagai tuan rumah. Dr. Zainal Arief mewakili PENS bersama perwakilan 40 politeknik negeri yang mengikuti program ini menandatangani nota kesepahaman dihadapan Prof. Tokunaga Horaki mewakili Universitas Chung Cheong Korea.

Pada kerjasama ini, yang ditawarkan Universitas Chung Cheong adalah bidang Teknik, Kesehatan, Pariwisata, dan Pertanian. Program-program tersebut dianggap cukup relevan dengan program studi-progam studi yang dimiliki oleh politeknik-politeknik di Indonesia.

“Bentuk kerjasama berupa studi lanjut untuk dosen dan mahasiswa, serta program jangka pendek, yaitu pertukaran pelajar atau mahasiswa masing-masing politeknik dengan Universitas Chung Cheong Korea.

Beberapa poin lain pada penandatanganan memory of understanding (MoU) tersebut diantarana adalah kerjasama dalam pelaksanaan penelitian atau riset termasuk juga dalam pengembangan kurikulum pendidikan.

“Pasca pelaksanaan penandatanganan MoU, kami akan gelar forum kembali untuk membahas pelaksanaan program-program kerjasama yang dijadwalkan bakal mulai dilaksanakan pada awal tahun 2019 mendatang,” tegas Zainal.

Dengan kerjasama ini kedepan diharapkan bahwa kerjasama dengan lembaga lain menjadi semakin banyak termasuk berbagai lembaga dan institusi dari luar negeri, sehingga kompetensi para lulusan PENS dan politeknik pada umumnya semakin diakui.

 

Sumber: Suara Surabaya, ‘PENS Kerjasama dengan Universitas Chung Cheong Korea‘, 31 Oktober 2018, <http://m.suarasurabaya.net/app/kelanakota/detail/2018/212004-PENS-Kerjasama-dengan-Universitas-Chung-Cheong-Korea> [diakses 30 November 2018]