PENS Siap Jadi Pionir Hadapi Revolusi Industri 4.0

/ / Berita
PENS Siap Jadi Pionir Hadapi Revolusi Industri 4.0

Surabaya – Menghadapi Revolusi Industri 4.0, PENS menggelar kuliah tamu bertajuk “Strategi Pengembangan Konten Digital dalam Revolusi Industri 4.0 dan IoT” pada (23/7) di Ruang Theater. Dalam acara tersebut dihadirkan beberapa narasumber, diantaranya Prio Adhi Setiawan, S.T., M.Sc., seorang Senior Advisor Profesional Dirgantara IASI (Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman) dan Achmad Soegiarto, Direktur Retail Business Solution TelkomSigma. Ditunjuk sebagai moderator, Tyo Avianto, S.ST., alumni program studi Mekatronika PENS yang saat ini menjabat sebagai  dari PT. Eyro Digital teknologi.

Mohammad Zikky, S.ST., M.T., selaku ketua panitia, mengungkapkan bahwa kuliah tamu ini sebagai sinergi awal antara kampus dengan industri, serta kampus di Jerman. “Jerman memang salah satu negara yang paling getol menyuarakan Industri 4.0 IoT. Kita punya jejaring teman-teman diaspora Indonesia di Jerman, salah satunya Bapak Hendro Wicaksono, seorang Profesor Teknik Industri di Jacob University Jerman, yang hari ini berhalangan hadir.”

Sebagai tindak lanjut, PENS akan turut serta dalam Focus Group Discussion (FGD) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur (Disperindag) mengenai pengembangan Industri 4.0. PENS juga berancana menggelar FGDlebih besar sekitar Agustus mendatang yang mengkolaborasikan instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan IoT dan industri yang terkait. “Harapan saya PENS bisa jadi pionir. Beberapa dosen kita juga melakukan riset di bidang IoT, maka harus kita tunjukkan bahwa PENS bisa,” jelas Bapak Zikky mengakhiri wawancara.

 

Sumber: PENS, ‘PENS Siap Jadi Pionir Hadapi Revolusi Industri 4.0‘, 24 Juli 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/07/24/pens-siap-jadi-pionir-hadapi-revolusi-industri-4-0/> [diakses 16 Agustus 2018]