PENS Untuk Negeri : Serahkan Alat Inovasi ESPIC Untuk Membantu Para Petani di Dusun Jatirajah

/ / Berita
PENS Untuk Negeri : Serahkan Alat Inovasi ESPIC Untuk Membantu Para Petani di Dusun Jatirajah

Eksistensi Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai peran yang sangat penting dalam membuat perubahan-perubahan di masyarakat. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut andil dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan PENS Untuk Negeri (PUN) pada Sabtu (27/10). Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan alat karya mahasiswa bernama Electric Sprayer With Photovoltaic Cell (ESPIC), yang membantu para petani di dusun Jatirajah, Kecamatan Kabuh, Jombang.

Kegiatan kali ini diadakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PENS. Tidak hanya penyerahan, diadakan pula sosialisasi mengenai alat yang diberikan. Sosialisasi ini diawali dengan sambutan oleh Parman selaku kepala dusun, kemudian Safarudin Alwi Prayogo yang merupakan perwakilan BEM PENS, dan dilanjutkan oleh ketua pelaksana yakni Muhammad Dliaul Haq. Pemaparan mengenai cara kerja, manfaat, serta keunggulan alat turut dipresentasikan oleh Novita Isnainin Darma Arshad.

ESPIC merupakan sprayer dengan sumber sel surya, salah satu alat hasil dari Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan alat tersebut diharapkan dapat berguna dan bisa memberikan bantuan di dusun Jatirajah. “Disini kami telah melakukan survei dan melihat kondisi sekitar untuk menentukan alat yang cocok untuk diberikan. Kemudian kami memilih ESPIC dan alhamdulillah mendapat kesan positif dari warga sekitar. Harapan kedepannya semoga dengan adanya alat ini bisa meringankan para petani dan masyarakat di dusun Jatirajah, ” tutur Muhammad Dliaul Haq selaku ketua pelaksana.

Usai sosialisasi, dilakukan percobaan menggunakan alat tersebut. Warga sekitar tampak antusias mencoba ESPIC dengan bergantian. “Inovasi seperti ini memang sudah ditunggu-tunggu di dusun ini. Karena kami disini masih menggunakan sprayer yang harus diisi dayanya dengan listrik. Dengan adanya alat ESPIC ini saya rasa akan sangat mengurangi beban kami sebagai petani. Karena sprayer itu memang sangat dibutuhkan, terlebih lagi dengan alat yang bersumber sel surya ini,” ungkap Parman selaku Kepala Dusun.

 

Sumber: PENS, ‘PENS Untuk Negeri : Serahkan Alat Inovasi ESPIC Untuk Membantu Para Petani di Dusun Jatirajah‘, 28 Oktober 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/10/28/pens-untuk-negeri-serahkan-alat-inovasi-espic-untuk-membantu-para-petani-di-dusun-jatirajah/> [diakses 28 November 2018]