Perbanyak Tenaga Trampil, Polines Semarang Buka Kelas Kerjasama dengan Mekar Armada Jaya

/ / Berita
Perbanyak Tenaga Trampil, Polines Semarang Buka Kelas Kerjasama dengan Mekar Armada Jaya

Memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang desain dan teknik, Politeknik Negeri Semarang (Polines) dan PT Mekar Armada Jaya (MAJ) sepakat melakukan pembukaan kelas kerjasama. Hal ini melengkapi kompetensi mahasiswa di bidang yang terkait dengan industri manufaktur. Direktur Polines, Ir Supriyadi menjelaskan kelas kerjasama PT MAJ segera dibuka pada tahun akademik 2019/2020.

“Dibuka untuk tahun akademik ini. Untuk awal dibuka pada jenjang D3 Teknik Mesin,” ujarnya, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya progdi yang dibuka di kelas kerjasama ini adalah D3 Teknik Mesin konsentrasi Design and Tool Making Engineering. Disinggung terkait kesiapan sdm Polines untuk membuka kelas kerjasama, menurutnya Polines sudah mempersiapkannya secara maksimal.

“Pihak New Armada membutuhkan sdm yang berkualuras dalam hal sikap, keahlian serta kesehatan,” ujarnya.

“Sehingga akan ditiru oleh calon mahasiswa nanti dan lulus bukan cuma nilainya yang baik tapi punya sikap yang baik juga,” imbuh Supriyadi.

Ia berharap pembukaan kelas kerjasama Polines dan PT MAJ dapat menjawab kebutuhan pekerja, khususnya di perusahaan New Armada di masa yang akan datang. Terkait syarat masuk kelas kerjasama, menurut Supriyadi di antaranya merupakan lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018 atau yang akan lulus tahun ini.

“Khusus jurusan Ipa, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Fabrikasi Logam, Pengecoran Logam, Gambar Mesin dan Perbaikan Bodi Otomotif,” urai dia.

Menurutnya pola seleksi diselenggarakan melalui sejumlah tahapan tes. Misalnya tes akademik, uji kompetensi dan wawancara (UKW) hingga medical check up (mcu).

“Kami juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi,” jelas Supriyadi.

Beasiswa itu di antaranya yakni PT Mekar Armada Jaya memberi bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dan beasiswa kepada 20 mahasiswa terbaik yang memenuhi kualifikasi. Adapun untuk pendaftaran online, imbuhnya, dibuka hingga 11 April 2019 melalui laman https://pmb.polines.ac.id/maj.

“Penyelenggaraan pendidikan dilakukan di dua tempat, kampus Polines dan di PT Mekar Armada Jaya Magelang dan Bekasi,” urai dia.

Lebih jauh, menurutnya puluhan lulusan terbaik di kelas kerjadama ini selanjutnya langsung diangkat menjadi karyawan tetap PT Mekar Armada Jaya.

 

Sumber: Tribun Jateng, ‘Perbanyak Tenaga Trampil, Polines Semarang Buka Kelas Kerjasama dengan Mekar Armada Jaya‘, 21 Maret 2019, <http://jateng.tribunnews.com/2019/03/21/perbanyak-tenaga-trampil-polines-semarang-buka-kelas-kerjasama-dengan-mekar-armada-jaya?page=all> [diakses 22 April 2019]