PKM Polimdo Edukasi Membangun Rumah Aman Gempa ke Tukang di Tateli

/ / Berita
PKM Polimdo Edukasi Membangun Rumah Aman Gempa ke Tukang di Tateli

Manado – Politeknik Negeri Manado menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, 13-14 Agustus 2018 pekan lalu. Kegiatan pemberdayaan masyarakat fokus pada pelatihan bagi tenaga kerja konstruksi.

Peserta diberi pelatihan cara pembuatan tulangan, menyusun bata, membuat campuran beton sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), serta penyuluhan desain dan pemeliharaan drainase. Ketua Tim PKM Politeknik Negeri Manado, Daisy Pangemana ST MT Msi mengatakan, Tateli dipilih karena sebagian penduduknya berprofesi tukang.

“PKM ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat akademisi. Tujuannya, bagaimana bisa memberi sumbangan pemikiran lewat pengetahuan yang dimiliki akademisi untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ujar Daisy dalam rilis ke Tribun Manado, Kamis (23/8).

Pelatihan tukang dipilih karena berdasar hasil survei pada 22 Februari 2018 dan konsultasi bersama Pemerintah Desa Tateli, banyak rumah penduduk yang dibangun belum sesuai standar aman dari gempa.

“Karena sebagian besar tukang otodidak dan belum mendapat pelatihan standarisasi makanya dilakukanlah pelatihan tersebut,” ujar Daisy.

Dengan mengikuti pelatihan itu, diharapkan para tukang memiliki keterampilan kerja membangun rumah yang aman dari bencana gempa bumi serta drainase yang baik. Menurutnya, Hukum Tua Tateli, Magda Lala dan Sekdes Theo Rambing mengapresiasi PKM Politeknik Negeri Manado. Tateli memiliki penduduk 1.290 jiwa. Terdiri dari 346 Kepala Keluarga yang tersebar di 13 jaga (RT). Mayoritas penduduknya berprofesi tukang, buruh, nelayan dan petani. Lainnya, wiraswasta dan PNS.

 

Sumber: Tribun Sulut, ‘PKM Politeknik Manado Edukasi Membangun Rumah Aman Gempa ke Tukang di Tateli‘, 23 Agustus 2018, <http://manado.tribunnews.com/2018/08/23/pkm-politeknik-manado-edukasi-membangun-rumah-aman-gempa-ke-tukang-di-tateli> [diakses 17 September 2018]