PMSD dan Ikatemi Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Tenaga Elektromedis

/ / Berita
PMSD dan Ikatemi Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Tenaga Elektromedis

Ikatan Elektromedis Indonesia (Ikatemi) berkerja sama dengan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma dalam pemenuhan kebutuhan tenaga elektromedis di Indonesia. Berdasarkan data kebutuhan tahun 2011, kebutuhan tenaga elektromedis di rumah sakit pemerintah yakni kurang lebih sebesar 19 ribu orang. Kebutuhan tersebut belum termasuk kebutuhan tenaga elektromedis di seluruh rumah sakit swasta seluruh Indonesia, distributor alat-alat kesehatan, perusahaan alat-alat kesehatan, BPFK, Balai POM maupun laboratorium kesehatan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Ikatemi Agus Komarudin dalam kuliah umumnya di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) pekan kemarin, mengatakan dalam perhitungan kebutuhan di rumah sakit pemerintah maupun swasta serta instansi-instansi lainnya, kebutuhan tenaga elektromedis di Indonesia bisa lebih dari dua kali lipat kebutuhan tenaga elektromedis yang sudah disebutkan di atas.

Di sisi lain masih sangat jarang perguruan tinggi di Indonesia yang membuka program studi Elektromedis. Diungkapkanya, sampai saat ini baru ada 16 perguruan tinggi yang membuka program studi D3 Elektromedis dan lima perguruan tinggi yang membuka program studi D4 Elektromedis. Dari seluruh program studi Teknologi Elektromedis yang ada, setiap tahunnya hanya mampu meluluskan kurang lebih 500 lulusan.

“Kebutuhan tenaga elektromedis yang besar serta kemampuan perguruan tinggi melulusan tenaga elektromedis yang masih sangat kecil,” ucapnya.

Hal itu menjadikan Ikatemi sebagai wadah tenaga elektromedis di Indonesia, mendukung pembukaan dan pengembangan Program Studi Teknologi Elektromedis PMSD. Dukungan tersebut secara resmi diberikan kepada Program Studi Teknologi Elektromedis PMSD, melalui penandatanganan nota kesepahaman serta penandatanganan perjanjian kerjasama antar kedua lembaga ini. Isi dari nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerjasama tersebut secara garis besar bahwa Ikatemi mendukung penuh pembukaan dan pengembangan program studi Teknologi Elektromedis PMSD.

 

Sumber: Tribun Jogja, ‘Ikatemi dan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Tenaga Elektromedis‘, 28 Agustus 2018, <http://jogja.tribunnews.com/2018/08/28/ikatemi-dan-politeknik-mekatronika-sanata-dharma-kerja-sama-penuhi-kebutuhan-tenaga-elektromedis> [diakses 19 September 2018]