PNP Kunjungi Polibatam, Studi Banding dan Kerja Sama Penyaluran Alumni

/ / Berita
PNP Kunjungi Polibatam, Studi Banding dan Kerja Sama Penyaluran Alumni

Politeknik Negeri Batam kembali menerima kunjungan Politeknik Negeri Padang, di Kampus Politeknik Negeri Batam, Jumat (18/1). Dalam kunjungan kali ini, rombongan dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri.

Rombongan Politeknik Negeri Padang melakukan studi banding terkait aturan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan penyaluran alumni. Selain Direktur Politeknik Negeri Padang, turut serta dalam kunjungan itu Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Sekretaris Jurusan Mesin dan Elektro, dan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Padang.

Pembantu II Politeknik Negeri Batam Bambang Hendrawan menyambut hangat kunjungan Politeknik Negeri Padang, dan saling membicarakan politeknik masing-masing serta sharing metode-metode pembelajaran terbaru yang ditetapkan di jurusan teknik. “Sekarang politeknik menjadi ujung tombak pengembangan SDM, terutama bidang vokasi. Jadi, sekarang banyak program pemerintah yang lebih inovatif dan kreatif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, studi banding pembelajaran ini sangat diperlukan untuk mengupdate tentang program-program kampus khususnya politeknik, sehingga pengembangan ilmu dan teknologi terus berkembangan ke depannya. “Ya, kita harus berkolaborasi antar politeknik, agar kita tidak ketertinggalan dengan negara lain,” katanya.

Selain itu, Politeknik Negeri Batam saat ini mencoba mengalakkan pembelajaran berbasis produk. “Di mana hasil dari praktikum nantinya menghasilkan produk jadi yang akan dipasarkan ke masyarakat. Jadi, mahasiswa nantinya tahu kemana mereka akan bekerja,” kata Bambang.

Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri mengatakan, saat ini Politeknik Negeri Padang telah membuat produk sesuai kebutuhan pasar, dan hal ini berkaitan dengan PNBP. “Jadi kami belajar ke Politeknik Negeri Batam, pengelolaan pengambilan keputusan dalam PNBP ini,” Boyon sapaan Surfa Yondri.

Selain mengenai PNBP, Politeknik Negeri Padang juga menjalin kerja sama dalam rangka penyaluran alumni. Hal itu dikarenakan Politeknik Negeri Batam berada di kawasan industri yang mudah mendapat akses ke industri dibanding Padang.

“Sharing dalam penempatan alumni, dan bisa belajar serta membandingkan pelaksanaan proses pembelajaran dan pola yang efektif untuk mengembangkan politeknik ke depan,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Batam, Politeknik Negeri Padang juga mengunjungi PT Batamindo Investment Cakrawala untuk menjajaki kerja sama dan membuka komunikasi dengan perusahaan-perusahaan di Batam, terkait kebutuhan tenaga kerja serta penempatan tenaga kerja dan magang.

“Kami juga menyampaikan informasi tentang lulusan Politeknik Negeri Padang yang punya kompetensi sangat bagus, tak kalah dengan perguruan tinggi negeri lainnya kepada pihak perusahaan di Batam, agar mahasiswa lulus dapat diterima kerja di bidang industri dan mahasiswa untuk magang,” tutur Boyon lagi.

 

Sumber: Sindo Batam, ‘PNP Kunjungi Polibatam, Studi Banding dan Kerja Sama Penyaluran Alumni‘, 19 Januari 2019, <http://sindobatam.com/politeknik-negeri-padang-kunjungi-politeknik-negeri-batam-studi-banding-dan-kerja-sama-penyaluran-alumni/> [diakses 15 Februari 2019]