PNP-MSU Buka Kelas Internasional, Kuliah 5 Tahun Langsung Dapat Gelar Master

/ / Berita
PNP-MSU Buka Kelas Internasional, Kuliah 5 Tahun Langsung Dapat Gelar Master

Politeknik Negeri Padang (PNP) bersama Management & Sciense University (MSU), membuka kelas Internastional Progression Progam untuk 25 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Menariknya, melalui kelas international tersebut, mahasiswa bisa langsung mendapatkan gelar Master hanya dalam waktu lima tahun dengan masa study tiga tahun di PNP dan dua tahun di MSU, Malaysia.

Kepala kantor Urusan Internasion PNP Alhapen Ruslin Chandra mengatakan bahwa saat ini, proses penerimaan mahasiswa untuk program kerjasama antara PNP-MSU, telah dibuka. Ia berharap, bagi lulusan setingkat SMA yang tidak diterima di pergurun tinggi negeri, silahkan mendaftar untuk program ini, karena waktu pendaftaran masih dibuka hingga 28 September ini.
“Bagi yang tertarik dengan program ini segera mendaftar. Waktu yang kami sediakan untuk mendaftar hanya lima hari, yaitu 24-28 September ini. Kuotanya terbatas, yaitu 25 orang,” kata ALhapen kepada tribunpadang.com, Senin (24/9/2018) sore.

Untuk proses pendidikannya, jelas Alhapen, tiga tahun di PNP dan dua tahun di MSU. Di PNP sendiri, mahasiswa setelah lulus akan menyandang gelar AMd. Kemudian setelah itu, baru melanjutkan pendidikan di MSU. Sedangkan di MSU, mahasiswa di tahun pertama itu akan menempuh pendidikan Starata 1 dan tahun kedua, merupakan untuk gelar Master.

“Artinya, dalam waktu dua tahun, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus, Strata 1 dan Master,” ujarnya.

Internastional Progression Progam ini, lanjutnya, merupakan program pertama bagi PNP. Namun, sejumlah politeknik di Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan MSU untuk program kelas international ini.  Di antaranya, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jember dan Politeknik Negeri Bandung. “Untuk di PNP sendiri, program study yang dikerjasamakan adalah Manajemen Informatika,” bebernya.

PNP memilih kerjasama dengan MSU, sebut Alhapen, karena MSU sendiri merupakan perguruan tinggi terbaik di Malaysia dan berada di peringkat 217 Asia, atau di atas ITS dan Undip menurut QS Word University Ranking. Di samping itu, kurikulumnya juga banyak kemiripan dengan PNP.

“Jadi, bagi lulusan setingkat SMA yang ingin kuliah level luar negeri dengan biaya murah, silahkan mendaftar ke PNP,” tuturnya. Untuk biaya kuliah program ini, sambung Alhapen, tergolong mahal.

“Semester 1 membayar Rp17,5 juta, dan semester 2-6 biaya Rp10 juta. Sedangkan untuk semester khusus, yaitu semester 3, Rp10,95 juta. Kemudian semester 7, RM 12000, Semester 8, RM 8500, Semester 9 dan 10, masing-masing RM 7500,” imbuhnya.

Bagi mahasiswa, lanjutnya, program ini besar manfaatnya. Selain biaya kuliah luar negeri murah, lulusan MSU sendiri akan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri lainnya.

“Kemudian, program ini juga berdampak untuk Indonesia secara kesuluruhan, apalagi dengan adanya MEA, tentunya lulusan program kerjasama ini juga bisa dengan mudah untuk bekerja di luar negeri,” pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Padang, ‘PNP-MSU Buka Kelas Internasional, Kuliah 5 Tahun Langsung Dapat Gelar Master‘, 24 September 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/24/pnp-msu-buka-kelas-internasional-kuliah-5-tahun-langsung-dapat-gelar-master?page=all> [diakses 10 Oktober 2018]