PNP Sosialisasikan Penyusunan Peta Proses Bisnis

/ / Berita
PNP Sosialisasikan Penyusunan Peta Proses Bisnis

Padang – Politeknik Negeri Padang (PNP) terus menunjukkan komitmennya untuk menerapkan reformasi birokrasi yang baik di lingkungan kampus tersebut. Bahkan salah satu bentuk komitmen itu ditunjukkan dengan digelarnya Sosialisasi Penyusunan Peta Proses Bisnis di lingkungan Politeknik Negeri Padang.

Dalam sosialisasi yang digelar Senin (30/7/2018) siang di Kyriad Hotel Bumiminang itu, diikuti oleh 118 orang pegawai PNP dan 4 orang dari Politeknik Neeri Payakumbuh dengan pemateri, Biro Hukum Kementrian Riset, Tekonolgi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Direktur PNP Surfa Yondri dalam sambutannya mengatakan, reformasi birokrasi di PNP sebenarnya sudah dijalankan dengan cukup baik. Namun diakuinya, PNP tidak puas begitu saja, karena tuntunan reformasi birokrasi di lingkungan PNP ke depan semakin tinggi.

“Reformasi birokrasi adalah tentang perubahan ke arah yang benar. Selama ini kebiasaan kita banyak membenarkan yang biasa, bukan membiasakan yang benar. Perubahan membiasakan yang benar tidak terlalu berat apabila diwujudkan pakai hati. Karena banyak yang menilai yang biasa itu belum tentu benar,” katanya.

Pria yang akrab disapa Pak Boyon itu mengungkapkan bahwa reformasi birokrasi memberikan standar pelayanan dengan baik yang berpedoman pada tata aturan yang jelas. “Kemenristek Dikti memiliki aturan yang jelas dan terarah. Jadi inggal jalankan aturan dari Kemenristek Dikti,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Biro Hukum dan Organisasi Kemenristek Dikti, M Ali Akbar menyebut bahwa reformasi birokrasi harus dijalankan oleh seluruh ASN di lingkungan perguruan tinggi, supaya perguruan tinggi bersih, akuntabel dan tercipta pelayanan publik yang berkualitas.

Ali Akbar merinci, ada delapan area perubahan reformasi birokrasi yang perlu diperhatikan guna mewujudkan hal tersebut. Kedelapannya, yakni area organisasi, tata laksanaka, mental aparatur, pelayanan publik, akuntabilitas, pengawasan, SDM Aparatur, dan peraturan perundang undangan.

“Namun di samping itu, kunci sukses penerapan reformasi birokrasi yang baik dan berkualitas itu terletak pada kecakapan pimpinan PTN, serta keterlibatan secara aktif anggota tim pelaksana, dan pelaksanaannya mengikuti semua ketentuan,” katanya.

 

Sumber: Tribun Padang, ‘Terapkan Reformasi Birokrasi yang Lebih Baik, PNP Sosialisasikan Penyusunan Peta Proses Bisnis‘, 31 Juli 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/07/31/terapkan-reformasi-birokrasi-yang-lebih-baik-pnp-sosialisasikan-penyusunan-peta-proses-bisnis> [diakses 21 Agustus 2018]