PNUP Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan, Dihadiri 600 Mahasiswa

/ / Berita, Seminar
PNUP Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan, Dihadiri 600 Mahasiswa

Seminar Nasional Kewirausahaan di Aula Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10, Tamalanrea, Sabtu, 13 Oktober 2018, dihadiri sekitar 600 mahasiswa dan dosen.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Direktur 2 dan 3 serta beberapa Ketua Jurusan di lingkungan PNUP.

“Melalui kegiatan seminar yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalies ke-31 ini, kami ingin memberikan wawasan kepada mahasiswa dan dosen tentang perkembangan bisnis start-up dan dukungan teknologi digital dalam menjalankan usaha,” kata Ketua Panitia, Nur Alam La Nafie.Selain itu, lanjut Nur Alam, untuk memotivasi mahasiswa agar berani berwirausaha karena akan semakin mudah dengan adanya dukungan teknologi digital yang bisa digunakan dalam menjalankan usahanya, dan memasarkan produk atau jasanya.

Hadir sebagai pemateri S Aryani selaku General Manager Makassar Digital Valley. Aryani membawakan materi tentang pengembangan startup yang didukung oleh inkubator bisnis.

Pemateri selanjutnya, Iviet Ikasari selaku Direktur PT Sarana Sulsel Ventura, menjelaskan tentang peluang pemberian modal oleh modal ventura.

Materi ditutup oleh A Nur Iksan selaku Owner dan Founder Crovia Creative Digital Studio. Iksan memberikan inspirasi kepada peserta tentang berbagai pengalamannya dalam menjalankan bisnis startup.

Dalam kesempatan ini, Iviet Ikasari menawarkan kerjasama dalam mendorong tumbuhnya wirausaha baru dari PNUP dengan menyediakan fasilitas pendanaan. Wakil Direktur 3, Muslimin, sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini.

“Seminar ini memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa tentang prospek serta tantangan wirausaha di era industri 4.0,” ujarnya.

Ichsan, mahasiswa D4 Akuntansi Manajerial, menuturkan, dengan adanya kegiatan seminar ini membantu dirinya agar dapat memahami apa yang sebenarnya menjadi dasar seseorang untuk menjadi wirausahawan.

“Saya berpikir bahwa untuk memulai sebuah usaha harus ada modal dana. Namun, dengan adanya seminar ini, saya pribadi sudah mulai sadar bahwa tak selamanya dana menjadi hal yang utama,” ucapnya.

Yang utama, kata Ichsan, adalah kemauan. Selain itu, perlu memahami apa passion kita dan apa yang sedang urgen dalam masyarakat agar usaha kita bisa berguna bagi pihak lain dan hasilnya dapat pula kita nikmati.

 

Sumber: Makassar Terkini, ‘PNUP Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan, Dihadiri 600 Mahasiswa‘, <https://makassar.terkini.id/pnup-gelar-seminar-nasional-kewirausahaan-dihadiri-600-mahasiswa/> [diakses 24 Oktober 2018]