Polban Luluskan 1.100 Mahasiswa Diploma

/ / Berita
Polban Luluskan 1.100 Mahasiswa Diploma
Politeknik Negeri Bandung (Polban) mewisuda 1.100 mahasiswa diploma 3 dari 10 fakultas yang ada di perguruan tinggi tersebut pada Sabtu (15/9/2018) di Kampus Polban, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Rektor Polban, Rachmad Imbang Tritjahjono mengatakan lulusan yang telah berhasil meraih gelarnya diharapkan mampu menjaga nama almamater dengan baik dan bermanfaat bagi negara serta masyarakat Indonesia. “Saya titipkan nama institusi ini dengan baik di bahu wisudawan. Sikap akan menentukan hasil kerja untuk membawa manfaat bagi bangsa,” kata Rachmad.

Dia menjelaskan pada era kini, lulusan perguruan tinggi harus mampu menghadapi tantangan zaman. Mereka yang baru saja lulus akan dihadapkan pada realitas nyata, karena persaingan semakin ketat. Untuk itu, segala ilmu yang telah didapat selama menuntut ilmu menjadi tanggung jawab untuk aplikasikan di masyarakat. “Ini baru saja langkah awal untuk menghadapi tantangan baru. Jangan sampai takut dan menyerah, perlu usaha yang kuat supaya bisa bersaing dengan yang lainnya,” ujarnya.
Dihadapan ribuan wisudawan, Rachmad juga menjelaskan bahwa Polban telah bekerja sama dengan Kabupaten Pekalongan untuk penyelenggaraan Akademi Komunitas Negeri (AKN). Kerjasama pendidikan ini adalah cikal bakal lahirnya politeknik di Kabupaten Pekalongan. Atas bimbingan Polban, AKN telah berjalan empat tahun.
Mandat dari Kementerian Riset Teknologi dan dan Perguruan Tinggi ini, harus terus dilakukan sebagai upaya melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. “Dengan standar aturan Polban, AKN memiliki tiga jurusan yaitu Teknik Kimia, Komputer Informatika, dan Teknik Mesin,” kata Rachmad.
Wisuda kali ini merupakan gelombang terakhir di tahun 2018. Terdapat 1.621 wisudawan yang berhasil lulus di tingkat Diploma 2, Diploma 3, Diploma 4, dan Magister Terapan. Sebanyak 521 wisudawan merayakan kelulusannya pada 8 September 2018, dan 1100 wisudawan pada tanggal 15 September 2018.
Sumber: Ayo Bandung, ‘Polban Luluskan 1.100 Mahasiswa Diploma‘, 15 September 2018, <http://ayobandung.com/read/2018/09/15/38118/polban-luluskan-1100-mahasiswa-diploma> [diakses 5 Oktober 2018]