Polban Siap Sukseskan Program Kang Pisman

/ / Berita

Politeknik Negeri Bandung (Polban) siap berkolaborasi dalam menyukseskan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan atau Kang Pisman.

Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik Polban, Andrianto Setiawan, mengatakan sebelum pembaharuan kerja sama dengan Pemkot Bandung, Polban telah lama memiliki program pemilahan sampah di kampus.

“Hanya saja semangat itu perlu ditimbulkan kembali jadi lewat kerja sama ini kita bisa sama-sama menyukseskan program Pemkot,” katanya, Selasa (13/3/2019).

Menurutnya, Polban memiliki teknologi dan ahli dalam pengolahan sampah. Politeknik ini berkemampuan untuk mengolah sampah dan menguranginya agar Bandung tidak lagi mengulang sejarah buruk saat menjadi Bandung lautan sampah.

“Bahkan staf senior kami menangani sampah dalam skala cukup besar. Kami punya apa yang dibutuhkan Pemkot, apa yang kami bisa tawarkan bisa dibicarakan,” paparnya.

Setelah penandatanganan kerja sama, Polban dan Pemkot Bandung akan mengkaji dan melakukan forum group discussion (FGD) untuk membuat program dan upaya dalam membangun Kota Bandung. Sinergitas ini diperlukan agar sejalan dengan visi dan misi Kota Bandung yaitu kolaborasi.

“Kerja sama kami dengan pemkot sifatnya pengendalian lingkungan sampah yang sudah dimulai sejak dulu, kemudian tindak lanjutnya mudah-mudahan dengan ada MoU ini bisa dilanjutkan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Polban juga telah lama bekerja sama dalam hal pendidikan. Beberapa karyawan dari pemerintah daerah disekolahkan hingga jenjang D3.

“Yang sudah berjalan itu dengan pemprov. Mereka punya program khusus karyawan pemprov untuk program studi manajemen aset Diploma 4. Sekitar 24 mahasiswa pemprov kontraknya sampai selesai kuliah,” tuturnya.

 

Sumber: Ayo Bandung, ‘Polban Siap Sukseskan Program Kang Pisman‘, 12 Maret 2019, <https://www.ayobandung.com/read/2019/03/12/46845/polban-siap-sukseskan-program-kang-pisman> [diakses 4 April 2019]