Polibatam Creative Ditutup Talkshow Fotografi

/ / Berita
Polibatam Creative Ditutup Talkshow Fotografi

Polibatam Creative 2018 yang digelar di Atrium Mega Mall berakhir Minggu (16/12). Pameran karya mahasiswa Program Studi (Prodi) Multimedia Jaringan dan Animasi Politeknik (Poltek) Negeri Batam yang berlangsung selama tiga itu, mendapat respon positif dari masyarakat, terutama pengunjung mal.

Pada hari terakhir Polibatam Creative 2018 diisi dengan talkshow fotografi. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri yang diwakili Rezza Herdianto menjadi pembicara talkshow fotografi dengan tema foto jurnalistik dan komposisi fotografi.

Dijelaskan Reza, foto jurnalistik adalah bagian dari dunia jurnalistik yang menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan tetap terikat kode etik jurnalistik.

Biasanya, si pengambil foto merupakan seorang jurnalis yang bekerja di suatu media.
Sedangkan komposisi foto adalah cara seseorang menempatkan suatu benda yang terpotret dalam bingkai foto. Seseorang tersebut akan menyusun elemen-elemen obyek yang penting secara keseluruhan untuk dijadikan sebuah foto.

”Seorang fotografer jurnalistik harus bisa membaca suasana. Mereka harus bisa menentukan objek dan background agar bisa menghasilkan foto yang luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa Reza di depan puluhan peserta.

Salah satu peserta, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Prodi Multimedia Jaringan Poltek Batam, Alvin Yusuf akhirnya paham seperti apa fotografi. Apalagi untuk foto jurnalistik yang pengambilannya tak bisa sembarangan.

”Saya juga lebih tahu teknik-teknik fotografi. Ini sesuai dengan hobi saya yang memang suka memotret,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Ketua Pelaksana, Fandy Neta bisa berbangga hati setelah melihat respon positif masyarakat terhadap kegiatan Polibatam Creative. Bahkan banyak pengunjung yang tak menyangka jika karya yang dipajang merupakan karya mahasiswa Poltek.

”Respon masyarakat diluar ekspektasi kami. Sejak awal dibuka hingga tutup, pameran selalu ramai. Tak hanya dari mahasiswa, namun juga masyarakat umum,” ungkap Fandy.

Menurut dia, karena respon luar biasa tersebut ke depannya Poltek Batam akan kembali menggelar Polibatam Creative di tempat umum. Selain mudah dijangkau masyarakat, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberi inspirasi untuk masyarakat luas.

”Kami juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk terus berkarya,” harapnya.

 

Sumber: Batam Pos, ‘Polibatam Creative Ditutup Talkshow Fotografi‘, 17 Desember 2018, <https://batampos.co.id/2018/12/17/polibatam-creative-ditutup-talkshow-fotografi/> [diakses 17 Januari 2019]