Polije Berangkatkan Mahasiswa Student Exchange ke China

/ / Berita
Polije Berangkatkan Mahasiswa Student Exchange ke China

Kerjasama program Student Exchange dengan Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational College (JAHVC) China telah memasuki angkatan ke delapan. Akhir pekan kemarin Direktur Politeknik Negeri Jember (Polije) Saiful Anwar, S.TP, MP melepas 18 mahasiswa peserta student exchange dari Prodi Teknologi Industri Pangan dan Produksi Ternak ke Jiangsu China selama 4 bulan.

Upacara pelepasan juga didampingi Wakil Direktur bidang Akademik, Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan, Kepala Badan kerjasama (Bakerma), para Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi terkait serta Koordinator Kerjasama luar negeri, sekaligus melepas 3 alumni Prodi Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata berangkat ke Hsing Wu University Taiwan untuk menjadi delegasi program 2+1 Taiwan Academy.

Dalam sambutannya, Saiful Anwar menegaskan bahwa konsistensi kerjasama dengan beberapa PT di luar negeri mulai Kyungpook National University Korea, Management and Science University Malaysia, Rajamangala University of Tanyaburi Thailand dan beberapa PT di China menjadi bagian penting dalam pencapaian Visi Polije.

“Polije akan terus meningkatkan kerjasama dengan PT di Asia secara konsisten untuk mewujudkan visi Polije sebagai Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025,” paparnya.

Saiful Anwar juga meyakinkan para orangtua untuk ikhlas dan selalu mendoakan putra putrinya agar pelaksanaan program student exchange lancar, sukses serta memperoleh pengalaman internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Wadir bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, memberikan pesan agar mahsiswa menjaga kesehatan dan selalu beradaptasi dengan budaya setempat, senantiasa menjaga nama baik alamamater Polije tercinta, sekaligus jaga nama baik Indonesia, karena prinsip mereka sebagai duta bangsa Indonesia.

“Saudara berkesempatan mengasah bahasa internasional yakni Bahasa Inggris dan Mandarin sekaligus. Era sekarang selain Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin juga menjadi salah satu Bahasa penting dalam percaturan internasional”, pesan Abi Bakri.

Orangtua Yulian Sofiani yang mewakili orangtua, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada segenap pimpinan dan para Dosen yang telah mendidikan dengan baik, yang salah satu hasilnya putra-putrinya lolos seleksi dan layak menjadi duta Polije dalam program student exchange ini.

“Perkenankanlah saya mewakili para orangtua menyampaikan terima kasih atas kerja keras para Dosen, sehingga putra-putri kami lolos dan layak memperoleh kesempatan ini”, ujarnya.

Kepala Bakerma Dr. Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si menuturkan, kali ini juga mengirim 3 alumni prodi mahasiswa Bahasa Inggris mengikuti program Taiwan Academy.

Program ini merupakan kerjasama antara Kemenristekdikti dan Kemendikti Taiwan. Program ini memfasilitasi peserta untuk intensif belajar Bahasa Mandarin, dan selanjutnya dapat mengikuti program magang di industri sambil melanjutkan studi untuk menyelesaikan jenjang Sarjana (bachelor) dan bahkan sampai jenjang Magister.

 

Sumber: Jember Post, ‘Polije Berangkatkan Mahasiswa Student Exchange ke China‘, 26 Maret 2019, <http://www.jemberpost.net/polije-berangkatkan-mahasiswa-student-exchange-ke-china/> [diakses 26 April 2019]