Polinela Akan Terjunkan 13 Tim Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lambar

/ / PEDP, Pelatihan, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project
Polinela Akan Terjunkan 13 Tim Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lambar

Bandar LampungPoliteknik Negeri Lampung akan menerjunkan 13 tim ke sejumlah lokasi di Lampung Barat, melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan itu merupakan wujud melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Polinela, Beni Hidayat, Kamis (24/5/2018) mengatakan menerjunkan 13 tim ke Lampung Barat untuk mengoptimalisasi sumber daya alam pada komoditas unggulan, seperti kopi, perikanan, holtikultura, dan peternakan.

Tim akan membina membina sumber daya manusia dalam memanfaatkan komoditas yang ada, dijadikan suatu produk yang bernilai ekonomis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemberdayaan masyarakat ingin kami lakukan di sana adalah menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin dengan Pemkab Lampung Barat pada Maret lalu. Kegiatan ini sekaligus melaksanakan tridharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Beni mengatakan, tim di sana akan bekerja selama enam bulan dimulai sejak Juli ini. Selama kegiatan pemberdayaan masyarakat, tim akan membina petani, diantaranya memanfaatkan limbah kopi menjadi pupuk organik, pengolahan dodol berbahan pisang, dan memberikan pelatihan peningkatan kualitas sayuran.

“Masing-masing tim nantinya mempunyai tanggung jawab berbeda, seperti tim satu akan melatih petani dalam memanfaatkan teknologi dari limbah kopi menjadi pupuk organik, tim kedua membina teknis pendadaran ikan dengan teknologi budidaya mina padi, dan juga seterusnya,” kata Beni.

Selain itu, menurut dia, salah satu tim juga akan melatih petani menerapkan teknologi fermentasi dalam pengolahan kopi berkualitas rendah menjadi kopi pemium sehingga harga jual kopi di masyarakat lebih bernilai.

“Dalam pemberdayaan masyarakat tentunya bertumpu pada ilmu pengetahun dan teknologi. Contohnya ialah pengolahan kopi asalan bisa menjadi kopi berkualitas, tentunya berbasis pengetahun dan teknologi,” kata dia.

 

Sumber: Lampost, ‘Polinela Akan Terjunkan 13 Tim Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lambar‘, 24 Mei 2018, <http://www.lampost.co/berita-polinela-akan-terjunkan-13-tim-tingkatkan-kesejahteraan-warga-lambar.html> [diakses 3 Juli 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *