Polinela Bangun Unit Penangkar Bibit Lada Berkualitas

/ / Berita
Polinela Bangun Unit Penangkar Bibit Lada Berkualitas

Bandar Lampung – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) telah membangun unit penangkar bibit lada. Selain menambah income generating Polinela, kehadiran penangkar bibit lada akan memudahkan petani untuk memperoleh bibit dan bahan tanam lada berkualitas.

Koordinator Unit Penangkar Bibit Lada Polinela Bambang Utoyo mengatakan, mulai 2017 Pemerintah Provinsi Lampung pengadaan sebanyak 700 ribu bibit lada. Namun karena keterbatasan sumber benih kebutuhan tersebut belum terpenuhi. Karena itu pihaknya mencoba untuk membuat Unit Penangkar Bibit Lada.

“Hal ini berdasarkan pengalaman di dalam membangun Unit Penangkar Bibit Kelapa Sawit Berkualitas yang berjalan sejak 2007 sampai sekarang. Dengan pola seperti ini diharapkan Unit Penangkar Bibit Lada Polinela akan mampu berperan sebagai satu unit penangkar bibit yang ada di Provinsi Lampung,” kata Bambang kepada Lampost.co, Rabu (29/8/2018).

Dia memerinci, pada tahap awal di tahun ini memproduksi bibit lada panjat sebanyak 20.000 bibit, 1.000 bibit lada perdu dalam polibeg dan 100 bibit lada perdu dalam pot. Menurutnya, Polinela mencoba mengambil peran dengan membentuk unit penangkar bibit lada berkualitas dengan produk utama bibit lada panjat dan produk pendukung bibit lada perdu dalam polibeg. Kemudian bibit lada perdu dalam pot, serta membangun kebun induk sebagai sumber bahan tanam setek Lada. Bibit yang dihasilkan akan disertifikasi oleh Dinas Perkebunan Lampung melalui Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih (BP2MB).

“Saat ini sedang berjalan proses sertifikasi bibit lada,” ujarnya.

Dia mengemukakan, pihaknya berharap adanya Unit Penangkar Bibit Lada bisa menambah income generating Polinela. Kemudian menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi mahasiswa, dan memudahkan petani khususnya daerah Lampung untuk memperoleh bibit dan bahan tanam lada. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengelolaan bibit tanaman lada. Sumber penelitian mahasiswa dan dosen, serta sebagai tempat magang dan kunjungan siswa SMK.

 

Sumber: Lampost, ‘Memulihkan Ekonimi Pasca Banjir Desa Alasmalang, Himagri Poliwangi Lakukan Kegiatan Tanam Sayuran dalam Polibag Lewat Program Desa Binaan‘, 24 Agustus 2018, <https://www.poliwangi.ac.id/berita/memulihkan-ekonomi-pasca-banjir-di-desa-alasmalang-himagri-poliwangi-lakukan-kegiatan-tanam-sayuran-dalam-polybag-lewat-program-desa-binaan.html> [diakses 18 September 2018]