Polinela Tingkatkan Budaya Literasi di Generasi Muda

/ / Berita
Polinela Tingkatkan Budaya Literasi di Generasi Muda

Melalui tema unggulan “Indonesia Cerdas” sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Bank Indonesia telah menginisiasi Program BI Corner sejak tahun 2015. Keberadaan BI Corner diwujudkan dalam bentuk pembangunan sarana perpustakaan mini yang ditempatkan di perguruan tinggi, perpustakaan umum daerah, fasilitas publik, dan, SMA/Sederajat.

Langkah ini sebagai upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bank Indonesia sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.

“Ini merupakan program nasional yang bersifat sosial dimana dalam kegiatannya BI melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan maupun pemerintah daerah dalam pengadaan sarana maupun prasarana perpustakaan dari desain ruangan hingga buku-buku dasar ekonomi, keuangan, perbankan, hukum dan sebagainya,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung Budiharto Setyawan saat meresmikan BI Corner di Kampus Politeknik Negeri Lampung, Selasa, 19 Februari 2019.

Menurutnya, BI Corner merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap generasi bangsa. Dengan adanya BI Corner ini, kata Budiharto, menjadikan para pelajar dapat lebih menambah literasi-literasi yang bermanfaat. Dengan kemajuan teknologi informasi mereka tidak akan mudah terkena isu-isu hoak yang dapat merusak dan menyesatkan.

Sampai dengan tahun 2018, telah terealisasi sebanyak 721 BI Corner yang tersebar di seluruh Indonesia dari target sebanyak 1000 BI Corner pada tahun 2020. Sedangkan di Provinsi Lampung sendiri, sampai dengan tahun 2017 telah terealisasi 9 BI Corner yaitu di Universitas Lampung, FEB Universitas Lampung, UIN Raden Intan Lampung, STAIN Metro, Universitas Teknokrat Indonesia, Intitut Teknologi Sumatera, Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Cintamulya Lampung Selatan, Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung, dan Perpustakaan Daerah Kab. Lampung Timur.

Untuk tahun 2019, terdapat penambahan realisasi BI Corner di Provinsi Lampung antara lain: Politeknik Negeri Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro, STAI Al Ma’arif Way Kanan, dan Perpustakaan Daerah Kota Metro

Sementara itu, Direktur Perpustakaan Polinila Sarono, menyambut baik program BI Corner ini. Ia meyakini program sangat mendukung dalam proses pencerdasan anak bangsa.

“Seluruh warga Polinela pada khususnya dapat mengakses perpustakaan BI corner ini untuk dimaksimalkan
keberadaannya. Sehingga kita dapat menyerap informasi yang ada di buku-buku tersebut,” ujar Sarono.

 

Sumber: Katalampung, ‘Wujudkan “Indonesia Cerdas”, Budiharto Resmikan BI Corner di Politeknik Negeri Lampung‘, 20 Februari 2019, <https://www.katalampung.com/2019/02/wujudkan-indonesia-cerdas-budiharto.html> [diakses 28 Februari 2019]