Polinema Cetak Mahasiswa Wirausahawan Muda

/ / Berita
Polinema Cetak Mahasiswa Wirausahawan Muda

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa wirausaha. Progam Mahasiswa Wirausaha (PMW) memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Iptek.

Dengan dasar Iptek itulah para mahasiswa dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Selain itu, untuk menyiapkan mereka sebagai intrapreneur (karyawan yang berjiwa wirausaha).

Salah satu misi Politeknik Negeri Malang (Polinema) mendukung program pemerintah tak terkecuali PMW. Seperti diungkapkan Ketua Entrepreneurship Training Unit (ETU) Inkubator Bisnis POLINEMA, Dr. Dra. Anik Kusmintarti, MM, Polinema berkomitmen menumbuhkan jiwa kewiraushaaan dibenak mahasiswa.

“Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pembelajaran yang mendorong pola pembelajaran seumur hidup dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan,” jelas Anik.

ETU Polinema dibentuk tahun 2009 merupakan salah satu unit menginkubasi usaha baru mahasiswa (start up).Sejak itu konsisten melaksanakan PMW untuk melahirkan wirausaha muda berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur nomor 307 tahun 2019 Entrepreneurship Training Unit (ETU) Polinema ditetapkan sebagai Inkubator Bisnis, yakni unit pengelola kewirausahaan yang bertugas memfasilitasi semua kegiatan kewirausahaan mahasiswa.

“Meliputi pendidikan, pelatihan, seminar, pemberian modal usaha, konsultasi dan pendampingan usaha. Agar kesinambungan tetap berjalan kami konsisten melanjutkan program tahun sebelumnya untuk menginkubasi usaha-usaha mahasiswa serta memfasilitasi start up business mahasiswa,” terangnya.

Sosialisasi PMW juga diberikan melalui kegiatan yang dirangkum dalam bentuk kuliah tamu pada Rabu (27/2) siang kemarin. Agenda yang diikuti oleh kurang lebih 400 peserta terdiri dari dosen, mahasiswa, dan pelaku usaha. Acara itu mendatangkan pemateri Plt Wali Kota Pasuruan sekaligus alumni Polinema, Raharto Teno Prasetyo.

 

Sumber: Malang Post, ‘Polinema Cetak Mahasiswa Wirausahawan Muda‘, 27 Februari 2019, <https://malang-post.com/pendidikan/polinema-cetak-mahasiswa-wirausahawan-muda> [diakses 8 Maret 2019]