Polinema Malang Ingin Tingkatkan Daya Serap Lulusan di Pertamina

/ / Berita
Polinema Malang Ingin Tingkatkan Daya Serap Lulusan di Pertamina

Dunia Usaha dan Dunia Industri (Du-Di) nasional maupun mancanegara telah mengakui bahwa kualitas lulusan Politeknik Negeri Malang (Polinema) tak diragukan lagi. Mengulang kerjasama dalam mendapatkan lulusan terbaik, PT. Pertamina (Persero) menggelar Sosialisasi dan Kuliah Tamu, serta Rekrutmen PT. Pertamina (Persero), di Gedung Teknik Mesin lantai 8 Polinema, Malang, Senin (11/3/2019).

Hadir sebagai pembicara, yaitu Fithriani, SE, MM (Officer Recruitment HR Management Service PT Pertamina (Persero)), dan Drs Bambang Soepeno, MM.Kom, MM (Kepala Job Placement Center (JPC) Polinema). Wakil Direktur 4 Polinema Dr. Luchis Rubianto, LRSC, MMT, mengatakan kerjasama Polinema dengan PT Pertamina (Persero) merupakan tahun ke-3 di bidang rekrutmen.

Animo mahasiswa Polinema mendengarkan tips agar bisa bergabung dengan Pertamina atau BUMN lainnya. (rhd)

Animo mahasiswa Polinema mendengarkan tips agar bisa bergabung dengan Pertamina atau BUMN lainnya.

Sementara kerjasama Pertamina di bidang lainnya, seingat Luchis sudah beberapa tahun sebelumnya. Bahkan Polinema pernah mendapatkan bantuan Aula Pertamina, dana hibah merehab kampung Keramik Dinoyo, dan dana CSR lainnya.

“Tahun 2018, ada 6 lulusan Polinema yang diterima Pertamina. Harapannya, tahun ini lebih berkali lipat, sebab melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan minat lulusan Polinema untuk berkerja di perusahaan Indonesia,” harap Luchis.

Luchis menambahkan, PT Pertamina sebagai leading sector dari 140-an BUMN se-Indonesia dimana saat ini BUMN membutuhkan 11.000 tenaga kerja baru. Rencananya, Pertamina sedang menggarap kilang baru dimana akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Kita tahu Pertamina telah kembali mengelola kilang-kilang yang sebelumnya dikelola asing. Itu membutuhkan banyak pekerja, sehingga kami harap Polinema bisa membantu mengirimkan SDM yang berkualitas ke sana,” jelas Luchis.

Selain itu, Luchis menyampaikan, Polinema menargetkan daya serap lulusan tahun 2019 mencapai 60-70 persen. Menurutnya, target ini memiliki peluang tinggi, sebab saat mahasiswa magang, beberapa perusahaan langsung menawarkan dan merekrutnya.

Selain itu, munculnya start up baru mampu mengubah mindset mahasiswa, dari pencari kerja menjadi enterpreneur untuk membuka lapangan kerja.

“Tak semua mahasiswa terobsesi mencari kerja. Malah membuat pekerjaan, meski kecil namun dia menjadi bosnya,” tandas Luchis.

Civitas Akademika Polinema memberikan cinderamata kepada utusan PT. Pertamina (Persero). (rhd)

Civitas Akademika Polinema memberikan cinderamata kepada utusan PT. Pertamina (Persero).

Saat ini, Pertamina konsen dalam pembangunan kilang di Tuban, Cilacap, Balikpapan, dan daerah sekitarnya. Untuk itu, Pertamina butuh sekitar 372 lulusan D3 dan D4 Politeknik se-Indonesia. Salah satunya Polinema yang diharapkan bisa bergabung dengan Pertamina.

“Sosialisasi ini untuk mengedukasi bagaimana kriteria SDM yang dibutuhkan Pertamina. Sehingga mahasiswa Polinema mampu mempersiapkan diri. Sehingga tahun ini lulusan Polinema bisa lebih banyak. Pasalnya, selama ini kebutuhan SDM Pertamina terbanyak dari Jawa,” terang Fithriani, SE, MM, Officer Recruitment HR Management Service PT Pertamina (Persero).

Dalam perekrutannya, Pertamina lebih mengedepankan kesesuaian skill dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.

“Jadi bukan berapa jumlahnya. Tapi lebih pada kesesuaian skill. Sekaligus mitigasi agar tidak terjebak dalam modus penipuan yang sedang marak. Yang penting untuk diperhatikan, Pertamina tidak pernah membebankan biaya tiket, biaya asuransi, dan lainnya yang biasa digunakan dalam penipuan. Kalau ada, dipastikan itu bukan Pertamina,” tandas Fithri.

Informasi dalam rekuitmen bersama BUMN 2019, calon pekerja harus mengikuti seleksi nasional. Calon pekerja harus mendaftarkan diri dan mengikuti tes berbasis Computer Assisted Test (CAT). Untuk mencoba dalam prorgam Lowongan BUMN ini, calon pekerja Pertamina, ataupun BUMN lainnya yang ikut serta bisa mendaftarkan diri di Program Perekrutan Bersama (PPB). Link pendaftaran Lowongan Pertamina atau Perekrutan Bersama BUMN 2019 dapat diakses melalui https://rekrutbersama.fhcibumn.com.

 

Sumber: Memontum, ‘Polinema Malang Ingin Tingkatkan Daya Serap Lulusan di Pertamina‘, 11 Maret 2019, <https://pendidikan.memontum.com/5083-pertamina-gandeng-polinema-berikan-peluang-kerja-sebelum-lulus/2> [diakses 1 April 2019]