Politeknik Atmi Surakarta Pamerkan Handling System Training Unit di Manufacturing Expo Central Java

/ / Berita
Politeknik Atmi Surakarta Pamerkan Handling System Training Unit di Manufacturing Expo Central Java

Event Manufacturing Technology Expo Central Java 2018 berlangsung di Marina Convention Center (MCC) jl. Villa Marina no.1, 17-20 Oktober 2018. Kurang lebih 50 peserta ikut andil dan menawarkan berbagai jenis produk seperti mesin, perkakas, teknologi, bahan baku servis untuk pabrik, dan lain-lain.

Pada event kali ini, peserta tidak hanya dari kalangan pengusaha saja, tapi juga diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa Tengah, salah satunya yaitu Politeknik Atmi Surakarta bekerja sama dengan PT. Atmi Surakarta.

Mereka memamerkan hasil karya yang diberi nama Handling System Training Unit (Bottle Capping Unit). Instruktur dari Politeknik Atmi Surakarta, Dikky Kusuma Wijaya mengungkapkan pengerjaan membutuhkan waktu kurang lebih 10 bulan.

Selain itu proyek ini dikerjakan oleh 3 kelompok yang masing-masing berisi 3 anggota. Alat ini merupakan tugas akhir mahasiswa prodi Teknologi Perancangan Mekanik dan Mekatronika.

“Jadi kami membuat sistem dan alat ini hanya simulasi saja bisa dikatakan belum sempurna dan terkadang masih terjadi trobel. Jadi alat ini merupakan proses dari botol diisi, kemudian ditutup, lalu dicap atau diberi label dan diletakan pada krat. Kami membuat Handling System ini juga supaya bisa belajar mengontrol mesin,” ungkap Dikky, Kamis (18/10/2018).

Menurut Dikky PT. Atmi ada karena Politeknik juga berproduksi, intinya yang mahasiswa ciptakan atau kerjakan bisa memiliki daya jual dan nantinya di proses oleh PT. Atmi. Jadi saling bekerja sama satu sama lain dan saling menguntungkan tentunya.

“Selain Handling Sytem Training Unit mahasiswa Politeknik Atmi Surakarta juga belajar mengenai Laser Cutting yaitu alat yang dapat digunakan untuk membuat ornamen dari plat besi, kuningan, alumunium, dan lain-lain,” jelasnya.

Terkait target Dikky mengaku tidak ada target penjualan khusus karena pihaknya fokus untuk memperkenalkan atau memamerkan karya yang mereka ciptakan.

Bisa juga sekaligus ajang untuk mempromosikan Politeknik Atmi Surakarta baik program studi yang ada dan lain-lain.

“Beberapa pengusaha yang berkunjung ke kami ada yang berminat kurang lebih 10 orang dan nantinya ditindak lanjuti oleh PT. Atmi. Semisal ada beberapa bagian yang bisa dikerjakan oleh Mahasiswa Politeknik Atmi maka akan dibagi,” pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Jateng, ‘Politeknik Atmi Surakarta Pamerkan Handling System Training Unit di Manufacturing Expo Central Java‘, 18 Oktober 2018, <http://jateng.tribunnews.com/2018/10/18/politeknik-atmi-surakarta-pamerkan-handling-system-training-unit-di-manufacturing-expo-central-java> [diakses 9 November 2018]