Politeknik Jember Latih Pekerja Migran

/ / Berita
Politeknik Jember Latih Pekerja Migran

Politeknik Negeri Jember (Polije) ikut serta dalam pelatihan untuk pekerja migran Indonesia. Hasil pelatihan diakui di Kanada.

Polije digandeng Yayasan Bhakti Jaya Indonesia. “Bhakti Jaya Indonesia ingin menggandeng Polije untuk meningkatkan kompetensi TKI baik di Taiwan maupun di Kanada,” kata Ketua Yayasan Bambang Nurfauzi.

Menurut Bambang, pelatihan dilakukan dalam jaringan internet (online). “Pelatihan setingkat Diploma 1, khususnya bagi pekerja migran di Kanada. Mengingat Kanada mengakui ijasah SMA empat tahun, program pelatihan ini untuk menyetarakan ijasah mereka,” katanya.

Awal kerjasama dilakukan dengan penandatangan nota kesepahaman antara Polije dengan Bhakti Jaya Indonesia. Keduanya sepakat meningkatkan kompetensi, khususnya terhadap TKI di Taiwan maupun menjembatani magang industri di Taiwan.

Yayasan Bhakti Jaya Indonesia juga mempertemukan Polije dengan Chienkuo Technology University (Chienkuo) Taiwan. Dua belah pihak sepakat melakukan program dual degree dan student exchange. Delegasi Chienkuo Taiwan dipimpin oleh Professor Chen Hsuan Wen.

“Bhakti Jaya Indonesia mempertemukan dengan Polije dengan pihak Chienkuo Taiwan agar dapat melakukan langkah-langkah kerjasama secara simetri,” kata Bambang.

Chen Hsuan Wen mengatakan, sebagai program awal, pertukaran mahasiswa diperuntukkan bidang otomotif dan teknologi informasi.

Direktur Polije Nanang Dwi Wahyono mengapresiasi atas kunjungan delegasi Chienkuo University bersama ara pengelola Bhakti Jaya Indonesia. “Penandatangan kerjasama kali ini merupakan titik tolak untuk mengembangkan kerjasama yang lebih besar dan pasti harus bermanfaat untuk pengembangan kampus dua belah pihak,” katanya.

 

Sumber: Berita Jatim, ‘Politeknik Jember Latih Pekerja Migran‘, 15 Januari 2018, <https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/politeknik-jember-latih-pekerja-migran/> [diakses 12 Februari 2019]