Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Raih Gelar Anugerah Humas dari Kemenristekdikti

/ / Berita
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Raih Gelar Anugerah Humas dari Kemenristekdikti

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berhasil meraih penghargaan Terbaik III Kategori Hubungan Media dan Harapan 1 Kategori Media Sosial dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti sebagai apresiasi atas kinerja humas.

Dalam ajang yang kali kedua digelar ini, Kemenristekdikti dan LLDikti memberikan Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penyerahan anugerah diterima langsung oleh Direktur PPNS, Eko Julianto, dalam rangkaian acara Rakernas Kemenristekdikti di Universitas Diponegoro Semarang.

Adapun aspek yang dinilai dalam Anugerah Humas meliputi kualitas pelayanan informasi melalui internet (website), media sosial, dan hubungan media.

“Pemberian anugerah ini bukti bahwa pemerintah, khususnya Kemenristekdikti, memandang bahwa peran humas sangat penting. Informasi harus senantiasa disampaikan secara cepat, akurat, dan dengan cara yang diterima masyarakat. Prestasi yang diraih PPNS adalah berkat kerja sama yang baik antara humas, civitas akademika, dan media. Namun, kami menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dikembangkan,” ujar Humas Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Nurul Hidayati, Minggu (6/1/2019).

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada Humas Kementerian dan lembaga non-kementerian, serta BUMN untuk transparan dan cekatan dalam pelayanan informasi, terutama yang berkaitan dengan capaian, maupun terobosan pemerintah.

Informasi tersebut juga harus mudah dipahami, menarik, dan menyentuh hati masyarakat.

Perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti melalui fungsi kehumasannya, berupaya memberikan layanan informasi terbaik kepada stakeholder.

Humas PTN harus mendiseminasikan program kementerian dan menyerap aspirasi masyarakat, serta sebagai referensi penentu arah kebijakan institusi.

Sejalan dengan peran tersebut, humas wajib melaksanakan fungsi utama kehumasan, seperti perencanaan, penyusunan, dan distribusi informasi melalui media massa, media baru, serta pameran.

 

Sumber: Tribun Jatim, ‘Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Raih Gelar Anugerah Humas dari Kemenristekdikti‘, 6 Januari 2019, <http://jatim.tribunnews.com/2019/01/06/politeknik-perkapalan-negeri-surabaya-raih-gelar-anugerah-humas-dari-kemenristekdikti> [diakses 22 Januari 2019]