Poliwangi Perbaiki Fungsi Infrastruktur Drainase di Lemahbang Dewo

/ / Berita
Poliwangi Perbaiki Fungsi Infrastruktur Drainase di Lemahbang Dewo

Tim Pengabdi Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) melakukan normalisasi dan perbaikan infrastruktur drainase. Kali ini, mereka menormalisasi dan memperbaiki infrastruktur drainase pada Desa Lemahbang Dewo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi khususnya pada wilayah Perumahan Citra Garden.

Tim Pengabdi Poliwangi yang diketuai oleh Mirza Ghulam Rifqi dengan anggota Herman Yuliandoko dan M. Shofi’ul Amin melakukan perbaikan infrastruktur drainase dengan tujuan untuk mengurangi dampak banjir yang sering terjadi pada musim penghujan pada wilayah tersebut.

Saluran eksisting dibersihkan dan dikembalikan fungsi dan dimensinya seperti semula. Dimensi saluran diperbaiki dan sampah serta sedimentasi yang terdapat pada saluran diangkat.

Selanjutnya, saluran irigasi dihubungkan dengan drainase keliling dengan melintasi jalan beton  menggunakan U-dicth 40.40 cm dengan dilakukan penyesuaian elevasi saluran sebesar 1%.   Saluran penghubung dilengkapi dengan pintu air untuk mengatur mekanisme limpasan air pada saat terjadi debit air yang berlebih. Saluran air eksisting dilengkapi dengan jeruji besi untuk memfilter sampah yang biasanya menyumbat jalur gorong-gorong.

Saluran drainase akan berfungsi baik jika warga sadar dan ikut serta untuk menjaga kebersihan saluran drainase. Sedimentasi yang umumnya terjadi pada saluran bisa mengurangi volume saluran dan akhirnya akan membuat air irigasi tidak tertampung pada saluran. Hal lainnya yang membuat saluran drainase menjadi tidak berfungsi normal adalah adanya sampah yang menumpuk pada saluran akibat ulah warga yang tidak perduli terhadap kondisi lingkungannya.

Kegiatan ini menjadi wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap civitas perguruan tinggi.

 

Sumber: Radar Banyuwangi, ‘Poliwangi Perbaiki Fungsi Infrastruktur Drainase di Lemahbang Dewo‘, 24 Oktober 2018, <https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2018/10/24/100057/poliwangi-perbaiki-fungsi-infrastruktur-drainase-di-lemahbang-dewo> [diakses 21 November 2018]