Polmed Sumbang Menara Air dan Tanki Masjid

/ / Berita
Polmed Sumbang Menara Air dan Tanki Masjid

Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Negeri Medan (Polmed), menyumbang seperangkat sistem air bersih untuk Masjid di Dusun Tanjung Sari, Desa Selayang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat Provinsi Semutra Utara.

Bantuan tersebut dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Pengabdian pada Masyarakat sekaligus menjalankan misi Polmed dalam memajukan pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan tenaga profesional dengan standar nasional dan internasional.

Hal itu dikatakan Drs Indra Fauzi MT ketua tim pelaksana pengabdian pada pasyarakat dalam program PKM di Masjid di Langkat tersebut kepada MedanBisnis, Rabu (12/12/2018). “Melaksanakan penelitian di bidang ilmu terapan untuk pengembangan aplikasi ilmu pengetahuan teknologi (iptek). Menerapkan iptek untuk memajukan kewirausahaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat bangsa dan Negara, menjadi kepedulian kami,” jelas Indra lagi.

UPPM – PKM sendiri menurut Indra adalah program pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut, kata dia, ditujukan untuk problem solving komprehensif dan bermakna, tuntas dan berkelanjutan.

“Di lokasi PKM kami kali ini, yang jaraknya lebih kurang 42 Km dari Kota Medan. Kami bermitra dengan Badan Kenaziran Mesjid Raya Dusun Tanjung Sari, Desa Selayang. Di sana kami megadakan dan memasangan tangki air bersama menara tempat tangki sekaligus instalasi airnya. Juga merevitalisasi tempat berwuduk untuk jamaah laki-laki,” jelas Indra lagi.

Pelaksanaan hal tersebut, menurut dia, sesuai dengan permasalahan yang ditemukan dan solusi yang ditawarkan.

Slamat selaku Ketua Kenaziran Mesjid Raya Dusun Tanjung Sari dalam sambutannya pada waktu serah terima mengucapkan banyak terima kasih kepada Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang telah memberikan sumbangan Menara Air dan Tempat berwuduk jamaah laki. “Selama ini jamaah berwuduk harus menghidupkan pompa untuk menaikan air dari sumur, sekarang sudah bisa mengisi tanki dan berhemat penggunaan listrik,” jelasnya.

 

Sumber: Medan Bisnis Daily, ‘Polmed Sumbang Menara Air dan Tanki Masjid‘, 13 Desember 2018, <http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2018/12/13/60427/polmed_sumbang_menara_air_dan_tanki_masjid/> [diakses 15 Januari 2019]