Polnes Latih Warga Desain Rumah Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

/ / Berita
Polnes Latih Warga Desain Rumah Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) memberikan pelatihan kepada masyarakat berupa cara mendesain rumah sesuai dengan keinginan masyarakat.

Digelarnya pelatihan itu didasari karena perkembangan pembangunan di Indonesia yang meningkat pesat.

Hal itu dapat dilihat dari banyaknya aktivitas masyarakat dalam membangun dan mengembangkan perumahan.

“Jumlah penduduk di wilayah Kalimantan Timur, khususnya Samarinda, baik itu masyarakat yang sudah lama tinggal maupun masyarakat pendatang, terus bertambah. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan ekonomi, mereka akhirnya membuat rumah untuk tempat tinggal untuk mendukung aktivitas. Maka perlu kami bekali dengan pelatihan ini,” ucap dosen GambarTeknik Jurusan Teknik Sipil Polnes, Riza Setiabudi, Minggu (21/10/2018).

Dengan banyaknya aktivitas masyarakat membangun rumah atau perumahan, maka diperlukan desain rumah yang baik, menurut standar rumah yang sehat dan layak, serta kemampuan anggaran masyarakat.

Untuk itu diperlukan kemampuan maupun kemahiran untuk mendesain, serta menggambar rumah, minimal kemampuan desain dasar untuk keperluan masyarakat itu sendiri.

“Teknik Sipil Polnes mempunyai kewajiban moral untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat katagori remaja, untuk bagaimana  mendesain rumah,” jelasnya.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu, yakni dari 20-21 Oktober, masyarakat diberikan teori mengenai tata cara mendesain serta menggambar, dilanjutkan dengan praktek langsung menggambar rumah, sesuai dengan desain yang dikehendaki.

“Diharapkan masyarakat mampu mendesain secara mandiri rumah mereka sesuai dengan keinginan mereka, lebih kreatif dan inovatif,” harapnya.

 

Sumber: Tribun Kaltim, ‘Punya Kewajiban Moral, Polnes Latih Warga Desain Rumah Sesuai Kebutuhan dan Keinginan‘, 21 Oktober 2018, <http://kaltim.tribunnews.com/2018/10/21/punya-kewajiban-moral-polnes-latih-warga-desain-rumah-sesuai-kebutuhan-dan-keinginan> [diakses 16 November 2018]