PPM Elektro Polnep Pasang Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya Gratis di Pulau

/ / Berita
PPM Elektro Polnep Pasang Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya Gratis di Pulau

Civitas Akademika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dengan melakukan pemasangan listrik bertenaga surya secara gratis untuk masyarakat yang berada di Pulau Lemukutan Kab Bengkayang.

Ruskardi, ST MT Ketua Tim PPM Jurusan Teknik Elektro Polnep menuturkan Mahasiswa Jurusan Teknik Elekto melakukan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) tahun 2018 di Pulau Lemukutan Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang, yaitu pada tanggal 08-11 Nopember 2018 lalu.

‎”10 mahasiswa tersebut memasang Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) dalam rangka membantu masyarakat Teluk Besar Dusun Batu Barat Pulau Lemukutan,” katanya pada Rabu (19/12/2018).

Pemasangan Listrik yang menggunakan PLTS ‎ke sekitar 20 rumah masyarakat secara gratis dan penerangan lampu jalan sebanyak 10 titik menggunakan lampu LED.

‎”Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini adalah tindak lanjut dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, kita dari citivitas Akademika jurusan Teknik Elektro ‎mengimplementasikan Pemanfaatan energi surya sebagai sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) di Pulau Lemukutan Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang ,”ujarnya.

Menurut kita memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan (Green Energy), pemanfaatan sistem PLTS ini juga untuk membantu masyarakat setempat yang belum terjangkau jaringan PLN, sehingga masyarakat dan wisatawan bisa beraktifitas dimalam hari dan diharapkan akan berakibat semakin meningkatkan animo wisatawan untuk datang berkunjung ke pulau tersebut.

‎”Mereka masyarakat di sana menyambut baik kehadiran PPM kita, karena selama ini mereka hanya menggunakan mesin generator listrik sebagai penerangan, untuk dua sampai tiga jam mereka harus keluarkan uang Rp 15ribu-30ribu untuk membeli bahan bakar generator,”jelasnya.

Saat ini menggunakan PLTS, dari listrik untuk penerangan bisa di gunakan selama 12 jam dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.

Ia juga mengakui PPM ini hanya untuk penerangan saja, satu rumah di butuhkan 150 watt, jika untuk menggunakan nonton TV atau peralatan listrik yang lain masih di butuhkan panel untuk tambah daya, pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Pontianak, ‘PPM Elektro Polnep Pasang Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya Gratis di Pulau‘, 19 Desember 2018, <http://pontianak.tribunnews.com/2018/12/19/ppm-elektro-polnep-pasang-listrik-pembangkit-listrik-tenaga-surya-gratis-di-pulau> [diakses 21 Januari 2019]