PPM Polnep Berikan Cara Penggunaan Probiotik Pada Pakan Ikan Nila Bagi Pembudidaya

/ / Berita
PPM Polnep Berikan Cara Penggunaan Probiotik Pada Pakan Ikan Nila Bagi Pembudidaya

Pengabdian kepada masyarakat menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh dosen di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, karena merupakan satu bagian dari tridarma perguruan tinggi.

Baru-baru ini telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) yang dibiayai oleh Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) melalui dana Dipa Polnep pada kelompok pembudidaya ikan di Desa Parit Keladi kecamatan kakap kabupaten kubu raya.

Kegiatan ini ketuai oleh Romi Susanti S.Pi,MP bersama tim yang terdiri dari Sarmila, S.Pi, M.Si, Sri Warastuti, ST,M.Eng, Dr. Winarti,M.Si beserta beberapa teknisi dan mahasiswa di lingkungan Progran Studi Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan, POLNEP.

Proses Diskusi dan tanya jawab berkaitan dengan materi penyuluhan

Proses Diskusi dan tanya jawab berkaitan dengan materi penyuluhan

Kegiatan PPM ini bekerjasama dengan pembudidaya ikan yang di ketuai oleh bapak Suharto yang memiliki lahan kolam  lebih dari 5 kolam yang beberapa masih aktif dan selebihnya masih dalam perawatan kolam.

Berdasarkan keterangan ketua RT setempat bernama, bapak Mustafa mengatakan bahwa sesungguhnya desa parit keladi yang merupakn sentra perkebunan dan peternakan sapi, kambing dan unggas juga mempunyai potensi perikanan yang cukup menjanjikan, dimana lahan perkarangan warga yang cukup lluas masih banayk yang belum termanfaatan secara maksimal.

Dan masyarakat setempat sangat mengharapkan perhatian pemerintah terkait hal pengembangan minat terhadap budidaya perikanan.

Kegiatan PPM  yang di laksanakan di desa Parit Keladi  kecamatan sungai  kakap  kali ini adalah  memberikan penyuluhan dan menginformasi tentang penerapan penambahan probiotik pada pakan ikan nila (oreochoromis sp).

Probiotik sendiri adalah istilah yang di gunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/ inangnya (https://id.wikipedia.org/wiki/probiotik).

Pada dasarnya pakan ikan komersil sudah mengandung unsur-unsur vitamin, mineral dan lain-lain yang di butuhkan ikan.

Penambahan Probiotik pada pakan dapat memberikan manfaat tambahan yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan, adapun manfaat penambahan probiotik pada ikan antara lain meningkatkan gizi dari pakan ikan, meningkatkan respon imunitas ikan, menghambat pathogen yang berbahaya pada pencernaan ikan, tentu pada akhirnya meningkatkan hasil produksi ikan di kolam yang di pelihara, karena pemberian pakan dengan penambahan probiotik ini akan menekan tingkat kematian ikan dan memeprcepat pertumbuhan ikan.

Kegiatan PPM ini selain  memberikan informasi yang berkaitan dengan manfaat dan bagaimana menggunakan probiotik yang di campurkn dengan pakan ikan, juga di lakukan diskusi yang berkaitan dengan perikanan, terbukti masyarakat setempat memmiliki animo yang baik ketika dilakukan diskusi dan penyuluhan tentang perikanan secara umum, praktek bagaimana mengaplikasikan probiotik pada pakan juga dilakukan ,Selain itu  pada kegiatan ini juga di berikan bantuan berupa benih ikan nila, pakan, probiotik dan kebutuhan pendukung lainnya.

Pendampingan tetap dilakukan dengan datang pada waktu yang telah di sepakati untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan serta respon ikan yang di beri pakan berprobiotik tersebut.

Harapan kedepannya selain bisa tetap bekerjasama dan menumbukan kecintaan terhadap perikanan budidaya tentunya bisa membantu masyrakat pembudidaya ikan menambah pendapatan untuk kesejahteraaan pembudidaya ikan.

Harapan dari masyrakat setempat kedepannya, tetap dilakukannkan pelatihan dan penyuluhan yang berkaitan dengan budidaya perikanan yang tidak hanya melibatkan perguruan tinggi tetapi juga melibatkan pemerintah terkait terutama tentang bantuan pemodalan dan pelatihan dalam pengembangan budidaya perikanan di desa parit keladi ini.

Sumber: Tribun Kubu Raya, ‘PPM Polnep Berikan Cara Penggunaan Probiotik Pada Pakan Ikan Nila Bagi Pembudidaya‘, 7 November 2018, <http://pontianak.tribunnews.com/2018/11/07/ppm-polnep-berikan-cara-penggunaan-probiotik-pada-pakan-ikan-nila-bagi-pembudidaya> [diakses 21 Desember 2018]