PPNS Gelar Lomba Dayung Perahu Naga di Sungai Kalimas Surabaya

/ / Berita
PPNS Gelar Lomba Dayung Perahu Naga di Sungai Kalimas Surabaya

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) menggelar lomba dayung perahu naga se-Jawa Timur di sungai Kalimas Surabaya dalam rangka Dies Natalis ke-31, Sabtu (8/9/2018). Acara diikuti sejumlah sekolah mulai dari SMP, SMK, SMA, dan Universitas. Sebelum lomba dimulai, peserta lomba berbaris di depan panggung untuk membuka acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Para Peserta lomba terlebih dahulu  mengantre di dek belakang panggung mengenakan pakaian kaos tim dan celana spandex hitam, sambil membawa dayung kayu yang dilapisi warna hitam atau hijau muda. Kompetisi ini diikuti para persta  perempuan maupun laki-laki,. Ada juga kategori lomba campuran beregu. Silvi Maya siswa dari SMA GIKI 2 mengataka, timnya telah melakukan latihan push up dan pull up setiap hari untuk membentuk otot tangan untuk lomba ini.

“Ya kan kami melakukan pull up dan push up tiga set, tiap satu set sekitar 30 menit, kami lakukan setiap hari jam empat sampai enam,” tuturnya di Taman Prestasi Surabaya, Sabtu (8/9/2018).

Silvi menambahkan bahwa ada beberapa makanan yang tidak dikonsumsi selama latihan lomba tersebut seperti es dan makanan pedas.

“Kami tidak makan apapun yang Pesed-pedes, es juga tidak boleh, tapi kami utamakan makan buah, sayur, susu, dan pisang,” Ucapnya.

Pukul 08.00 WIB, tiap tim melakukan pemanasan singkat untuk melemaskan otot dan bersorak yel-yel atau pemanasan mendayung di sungai. Saat suara terompet terdengar disertai kibaran bendera kotak-kotak putih hitam dikibarkan tanda dimulainya lomba, peserta dan penonton bersorak dukungan, tiap tim dengan semangat mendayung di sungai Kalimas. Rute lomba air memakan watu sekitar 30 menit untuk mengitari sungai dan kembali ke finish line di taman prestasi.

 

Sumber: Tribun Jatim, ‘Rayakan Dies Natalis ke-31, PPNS Gelar Lomba Dayung Perahu Naga di Sungai Kalimas Surabaya‘, 8 September 2018, <http://jatim.tribunnews.com/2018/09/08/rayakan-dies-natalis-ke-31-ppns-gelar-lomba-dayung-perahu-naga-di-sungai-kalimas-surabaya> [diakses 27 September 2018]