Prodi Akuntansi Gelar Diskusi Ilmiah Cloud Accounting dalam Era Revolusi Industri 4.0

/ / Berita
Prodi Akuntansi Gelar Diskusi Ilmiah Cloud Accounting dalam Era Revolusi Industri 4.0

Program Studi (Prodi) akuntansi kembali menggelar acara ngopi bareng akuntan dan diskusi ilmiah Cloud Accounting dalam Era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini merupakan diskusi ilmiah yang berhubungan dengan perkembangan akuntansi di Indonesia maupun Dunia Internasional.

Pada tahun ini, ngopi bareng akuntan mengangkat topik cloud accounting dalam era revolusi industri 4.0 dengan pembicara Agus Trianto yang merupakan owner click white consultan dan perwakilan Zahir Accounting untuk provinsi Riau.

Kegiatan ini dihadiri dan buka langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Si. Turut hadir juga para Staff Pengajar serta seluruh mahasiswa program studi akuntansi.

Pada sambutannya, Dadang menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan.

“Saya sangat senang dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh program studi akuntansi ini. Kegiatan ini diharapkan terus dilaksanakan. Selain itu, diskusi ini bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan baru bagi para mahasiswa yang hadir”, ujarnya

Diskusi cloud computing ini berlangsung selama tiga jam di ruangan 203 Politeknik Caltex Riau. Diskusi dibagi beberapa sesi dimana Tobi Arfan, S.E, M.Ak. menjadi moderatornya. Pada sesi pertama, pembicara menjelaskan seputar perkembangan Zahir Accounting.

“Zahir ini merupakan software akutansi yang didirikan oleh fadil yang merupakan alumni itb pada tahun 1996. Seiring berjalannya waktu dan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, Zahir Accounting terus mengembangkan versi-versi terbaru dan hingga saat ini Zahir Accounting sudah bisa beroperasi di Smartphone,” jelasnya.

Pada sesi kedua, agus menjelaskan bagaimana perkembangan cloud accounting dalam era revolusi industri 4.0. Cloud accounting software tidak jauh berbeda dengan software akuntansi sebelumnya yang menggunakan installer dan diinstal sendiri, yang membedakan pada cloud pengguna tidak perlu menginstallnya.

Ia juga menambahkan, banyak keuntungan dari teknologi cloud accounting yang diterima oleh para pengguna. Antara lain yakni akses data yang cepat, tingkat keamanan yang tinggi serta biaya maintenance yang murah.

“Cloud accounting memungkinkan kita untuk mengakses data semakin cepat, akurat, real time dan aman. Hal ini sangat mempermudah pelaku usaha dalam memonitor laporan keuangan dimanapun dan kapanpun sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dan akurat. Selain itu untuk keamanan data pengguna sangat tinggi dimana seluruh data di cloud dienkripsi”, pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Pekanbaru, ‘Prodi Akuntansi Gelar Diskusi Ilmiah Cloud Accounting dalam Era Revolusi Industri 4.0‘, 6 November 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/11/06/prodi-akuntansi-gelar-diskusi-ilmiah-cloud-accounting-dalam-era-revolusi-industri-40?page=all> [diakses 18 Desember 2018]