Program Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Kelompok Produsen Kerupuk Ikan

/ / Berita
Program Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Kelompok Produsen Kerupuk Ikan

Pada hari Sabtu tanggal 22 September 2018, Tim Dosen Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin yang diketuai oleh Sri Imelda,S.Sos, M.M dibantu oleh Hikmayanti Huwaida,S.Si, M.Pd, Rofi’i, S.Sos, M.Si, dan Effan Najwani, S.T., M.Cs. melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Jalan Pangeran, Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin.

Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Mitra Kelompok 12 Bidadari. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wujud pelaksanaa Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen sebagai akademisi diharapkan mampu terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan sumbangsihnya.

Pelaksanaan kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kelompok Produsen Krupuk Ikan ini sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Pelatihan sederhana dengan metode:

  1. Ceramah, model ini peserta diberikan materi tentang peluang pasar, mengelola modal usaha, kualitas produk menyangkut kemasan dan label, pemasaran via online.
  2. Sharing pengalaman, model ini memacu peserta pelatihan untuk menceritakan berbagai persoalan dan kasus yang mereka pernah mereka lihat dan bisa jadi mereka hadapi, serta strategi penyelesaian yang mereka gunakan.
  3. Diskusi, model ini digunakan untuk merangsang para peserta untuk memahami dan menyelasaikan sebuah kasus yang diberikan kepada mereka.
  4. Demo alat NA Impulse Sealer.

Di akhir kegiatan diserahkan bantuan alat NA Impulse Sealer kepada Mitra Kelompok 12 Bidadari.

 

Sumber: Tribun Banjarmasin, ‘Program Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Kelompok Produsen Kerupuk Ikan‘, 29 September 2018, <http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/09/29/program-pemberdayaan-masyarakat-pemberdayaan-kelompok-produsen-kerupuk-ikan> [diakses 11 Oktober 2018]