Program Pengembangan Kewirausahaan Berbasis IPTEK di Polibatam

/ / Berita
Program Pengembangan Kewirausahaan Berbasis IPTEK di Polibatam

Sebagai bentuk komitmen Politeknik Negeri Batam dalam mewujudkan kemandirian bangsa, Politeknik Negeri Batam melaksanakan PPK yaitu Program Pengembangan Kewirausahaan, Tim PPK ini diketuai oleh Ibu Shinta Wahyu Hati dengan beranggotakan  Bapak Rahmat Hidayat, Ibu Ely Kartikaningdiyah dan Bapak Hendra Gunawan yang keseluruhannya merupakan dosen jurusan manajemen bisnis Politeknik Negeri Batam.

Program yang ditujukan bagi pembinaan kepada tenant melalui pelatihan manajemen usaha dan sejumlah kegiatan kreatif lainnya untuk menghasilkan wirausaha baru yang mandiri berbasis IPTEK. Program PPK ini adalah program yang berasal dari DRPM Kemenristek Dikti. Pembinaan usaha difokuskan pada pembinaan untuk mahasiswa dan alumni Politeknik Negeri Batam yang sedang mengembangkan usaha dan merintis usaha baru. Tenant yang dibina dalam program PPK adalah dari mahasiswa dan alumni dengan jurusan yang berbeda.

Kegiatan PPK yang sedang dilakukan tahun 2018 ini adalah rangkaian kegiatan tahun pertama dari rencana tiga tahun kegiatan. Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan di kampus Politeknik Negeri Batam dalam bentuk pendampingan usaha dan konsultasi bisnis. Kegiatan usaha yang sedang berlangsung juga dilakukan dalam bentuk Bimbingan teknis usaha diantaranya dengan mengundang berbagai narasumber dari kalangan praktisi pengusaha, komunitas usaha dan lembaga terkait pengembangan usaha di Batam dimana yang dibahas diantaranya terkait internet marketing, pencatatan dan pengelolaan keuangan usaha berbasis teknologi, dan materi lain yang terkait bagi pengembangan usaha tenan. Untuk membuka wawasan dan meningkatkan motivasi peserta, PPK melakukan kunjungan usaha ketempat pelaku usaha bisnis.

Output dari Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan wirausaha mandiri berbasis IPTEK dan memiliki daya saing. Kegiatan ini mendapat respon positif dari mahasiswa dan alumni terbukti dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti program ini. Peserta yang telah terpilih mengikuti rangkaian kegiatan program PPK dan bimbingan teknis dengan antusias karena para tenan menganggap program ini sangat bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan kinerja usahanya.

 

Sumber: Polibatam, ‘Program Pengembangan Kewirausahaan Berbasis IPTEK di Polibatam‘, 12 September 2018, <https://www.polibatam.ac.id/program-pengembangan-kewirausahaan-berbasis-iptek-di-polibatam/> [diakses 1 Oktober 2018]