Ratusan Motor Modifikasi Dipamerkan di Metamorfosa ke-14 Polines

/ / Berita
Ratusan Motor Modifikasi Dipamerkan di Metamorfosa ke-14 Polines

Ratusan unit sepeda motor modifikasi dipajang secara rapi di halaman gedung DPRD Provinsi Jateng, Sabtu (6/4/2019) sore. Motor-motor yang modifikasi menjadi beragam gaya itu tampak menarik pengunjung yang hadir di halaman gedung DPRD. Meski hujan sempat turun, para pengunjung tetap tampak bersemangat melihat-lihat sepeda motor yang dibariskan secara rapi. Ada pula pengunjung yang mengabadikan keindahan modifikasi motor menggunakan kamera di ponsel atau di kamera profesionalnya.

Di sebelahnya, panggung utama menyajikan berbagai pertunjukkan semisal parade band, dan juga penari. Begitu sekelumit suasana meriah di Metamorfosa ke-14 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang (Polines). Muhammad Fauzan Zaky Muyassar, ketua panitia acara menjelaskan Metamorfosa merupakan event tahunan kontes otomotif yang eksis sejak 2005. Sejak berdiri hingga saat ini, Metamorfosa fokus pada kontes modifikasi motor. “Karena kami dari teknik mesin, lebih fokus ke bidang otomotif jadi kita membuat acaranya modifikasi motor,” paparnya.

Menurutnya kegiatan ini juga menjadi fokusnya untuk mengubah persepsi masyarakat terkait dunia otomotif. Menurut Fauzan, saat ini minset masyarakat terkait otomotif cenderung negatif. “Padahal ini lho, ada wadah dari teman-teman pecinta modifikasi motor Indonesia. Jadi tidak ugal-ugalan di jalan,” katanya.

Ia menjabarkan ada total 132 peserta seluruh Indonesia di kontes otomotif Metamorfosa tahun ini. Mereka tersebar di 11 kelas yang tersedia. Dari 11 kelas ini, 9 kelas adalah kelas nasional. Ditambah 2 kelas yakni kelas lokal rookie Semarang dan Semarang pro. Selain itu ada kelas national street racing, pro street racing, novice pure mothai, decal sticker, baby mothal, custom open, hingga airbrush. “Kami mengambil pemenang di 20 kategori terbaik. Lalu juara umum 1, 2, 3, dan 4 dan 5,” ungkapnya.

Para pemenang mendapatkan plakat dan sertifikat dari Metamorfosa. Khusus juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan hadiah uang pembinaan. Juri kompetisi ini, menurut Fauzan ada 3 orang yang kompeten di bidang otomotif dan modifikasi. Di antaranya Dimas Otre, Wahyu Twin dan Tito Monster. Adapun selain kontes modifikasi, ada juga parade band dengan bintang tamu Serempet Gudal, Pingkel Standing, DJ Melody dan juga Alexis Dancer. Acara berlangsung hingga pukul 10 malam nanti. Tiket masuk seharga Rp25 ribu. “Tiket Rp25 ribu mendapatkan tiket freepass dan gelang,” lanjut dia.

 

Sumber: Tribun Jateng, ‘Meriahnya Metamorfosa ke-14 Polines Semarang, Ratusan Motor Modifikasi Dipamerkan‘, 6 April 2019, <https://jateng.tribunnews.com/2019/04/06/meriahnya-metamorfosa-ke-14-polines-semarang-ratusan-motor-modifikasi-dipamerkan?page=all> [diakses 10 Mei 2019]