SAFE-T, Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

/ / Berita
SAFE-T, Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menciptakan inovasi baru, sebuah alat yang memberikan peringatan pada pengendara sepeda motor berupa bunyi dan tulisan untuk lebih waspada kalau di depannya ada kendaraan lain.  Safe-T (Implementation of Visible Light Communication for Safety Driving in Intelligence Transportation System), sanggup membuat pengendara sepeda motor melakukan pengereman mendadak.

Bagas Adi Pamungkas, salah satu pencipta Safe-T mengatakan, alat ini dibuat bersama 2 temannya, yaitu  Ammas Safinadriyah dan Dhea Amalia Lutfia dari jurusan Teknik Telekomunikasi. Dibuatnya Safe-T , karena data dari kepolisian menunjukkan, bahwa kecelakaan sepeda motor menduduki posisi tertinggi yang penyebabnya didominasi oleh kelalaian pengemudi dan minimnya fasilitas pengamanan.. Ditambah sekarang banyak masyarakat yang bekerja menjadi driver online. Mereka sering menggunakan hp untuk melihat peta, sehingga tidak fokus melihat kendaraan di depannya.

Safe-T menerapkan teknologi VLC yaitu sebuah sistem komunikasi wireless dengan memanfaatkan sumber cahaya tampak merah dari rem kendaraan. Safe-T terdiri dari sensor yang terbagi  2 komponen, Photodiode yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya rem kendaraan di depannya dan Lidar  yang berfungsi untuk mendeteksi objek dnegan jarak maksimal 40 meter.

Safe-T juga dilengkapi Buzzer yang berfungsi menimbulkan bunyi “Bip…Bip…Bip” jika ada kendaraan di depannya dengan jarak 3 meter. Selain itu juga ada LCD, yang akan menampilkan tulisan warning. Pemasangan alat ini ada di bagian spion dan di bagian plat nomor.”, ujar Bagas, salah satu pembuat karya.

 

Sumber: PENS, ‘SAFE-T, Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas‘, 21 Agustus 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/08/21/safe-t-kurangi-kecelakaan-lalu-lintas/> [diakses 14 September 2018]