Salah Satu Bentuk Kerjasama, PENS Kembali Hadirkan Prof. Kosuke Takano pada Kuliah Tamu

/ / Berita
Salah Satu Bentuk Kerjasama, PENS Kembali Hadirkan Prof. Kosuke Takano pada Kuliah Tamu

Guna mengembangkan dan menjalin relasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap melakukan kerjasama dengan berbagai instansi baik dari dalam maupun luar negeri. Selasa (26/2), PENS kembali mendapat kesempatan mendapatkan Kuliah Tamu bertajuk Motion Tracking and Processing for Multimedia Sport E-Learning yang menghadirkan Prof. Kosuke Takano dari Kanagawa Institute of Technology Japan. Bertempat di Gedung Teater D3 PENS, kegiatan kali ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan dosen.

Dimulai sejak pukul 13.00 WIB, antusiasme seluruh peserta tampak dengan dipadatinya lokasi kuliah tamu sejak awal kegiatan. Dengan penyampaian yang komunikatif, Prof. Kosuke Takano menyampaikan penelitian terakhirnya dalam mengembangkan sistem untuk memodelkan gerakan manusia. Dengan pengambilan data yang langsung dilakukan pada banyak pemain tenis, sistem ini kemudian ia dikembangkan menjadi sebuah sport e-learning untuk olahraga tenis.

Tidak hanya menyampaikan mengenai penelitiannya, Prof. Kosuke Takano juga mempraktikkan secara langsung bagaimana ia memilah sebuah data. “Hal yang menurut saya paling menarik adalah saat beliau memilah dan menggunakan berbagai algoritma untuk menguji dan mengklasifikasika data-data tersebut,” ungkap salah satu peserta, M. Arya Rakha Prawira. Antusiasme pun terlihat saat seluruh peserta diberi kesempatan untuk mengajukan berbagai pertanyaan langsung kepada pemateri.

Selain menambah pengetahuan mahasiswa mengenai pengetahuan yang tidak mereka dapat di perkuliahan, kuliah tamu semacam ini juga salah satu bentuk menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dunia. “Selain menambah wawasan, bentuk kerjasama semacam ini juga memungkinkan mahasiswa kita memiliki kesempata pertukaran pelajar ke Jepang,” ungkap penanggung jawab kegiatan, Iwan Syarif, Ph.D. Usai kuliah tamu ini, diharapkan mahasiswa dapat membuka wawasannya mengenai penerapan teknologi di berbagai bidang.

 

Sumber: PENS, ‘Salah Satu Bentuk Kerjasama, PENS Kembali Hadirkan Prof. Kosuke Takano pada Kuliah Tamu‘, 27 Februari 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/02/27/salah-satu-bentuk-kerjasama-pens-kembali-hadirkan-prof-kosuke-takano-pada-kuliah-tamu/> [diakses 1 Maret 2019]