Serua, Kota Depok Miliki Bank Sampah Online

/ / Berita
Serua, Kota Depok Miliki Bank Sampah Online

Kelurahan Serua membuat trobosan baru guna mengurangi beban sampah non organik ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Bersama Politeknik Jakarta, aparatur disana menggagas bank sampah online yang terintegrasi dengan masyarakat.

Lurah Serua, Dion Wijaya mengatakan, bank sampah online merupakan hasil buah pemikiran bersama dengan Politeknik Jakarta. Nantinya, bank sampah online akan teritegrasi dengan internet yang dapat diakses masyarakat maupun bank sampah yang ada diwilayah Kelurahan Serua.

Bank sampah online merupakan salah satu bentuk dukungan mempertahankan piala Adipura dan Depok Smart City. “Bank sampah online diperuntukan untuk penampungan sampah non organik atau residu,” ujar Dion.

Dion mengungkapkan, banyak bank sampah diwilayah Kelurahan Serua mengalami mati suri. Tercatat, hanya ada 10 bank sampah yang masih melayani masyarakat dalam penerimaan sampah organik. Nantinya, bank sampah online akan memberikan sejumlah informasi kepada bank sampah yang bergabung dalam bank sampah online. Rencana, setiap bulan akan dilakukan penimbangan dan masyarakat dapat menukarkan sampahnya dengan pulsa token, listrik, maupun berupa uang.

Lebih jauh, sambungnya, Politeknik Jakarta telah melakukan MoU, pencanangan, sosialisasi, dan seperangkat komputer sebagai sarana penunjang. Dirinya melihat, keberadaan bank sampah sangat membantu dalam mengurangi beban sampah yang di kirim ke TPA Cipayung. Untuk sampah organik, Kelurahan Serua telah memiliki UPS yang dapat mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk organik.

“Bank sampah online selain mengurangi beban sampah dapat menguntungkan masyarakat,” tutup Dion.

 

Sumber: Radar Depok, ‘Serua, Kota Depok Miliki Bank Sampah Online‘, <https://radardepok.com/2018/10/serua-kota-depok-miliki-bank-sampah-online/> [diakses 10 Desember 2018]