Siap Hadapi Persaingan Global, PENS Gelar Workshop dengan PSMK dan SEAMEO

/ / Berita
Siap Hadapi Persaingan Global, PENS Gelar Workshop dengan PSMK dan SEAMEO

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar workshop yang bekerjasama dengan PSMK dan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization). Bertempat di Auditorium PENS, acara diikuti kurang lebih 200 guru SMK di Jawa Timur (22/1). Workshop kali ini mengangkat tema “ Persiapan menuju Industri 4.0 dan Sinergi SMK dengan PENS, PSMK, dan SEAMEO Center”.

Dr. Zainal Arief , selaku Direktur PENS turut memberikan sambutan saat pembukaan acara. Menurut beliau, workshop kali ini bisa mengembangkan kreativitas dan kopetensi siswa SMK sehingga kedepan bisa lebih siap di dunia usaha dan industri.

Smart System, Cyber Security, Big Data, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI), bisa menuntut para pelaku usaha dan generasi muda mampu menguasai teknologi dalam persaingan global saat ini.”, ujar Dr. Zainal.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Direktur SEAMEO, Dr. Gatot Hari Priowijanto. Beberapa materi yang disajikan antara lain, tentang strategi dan sesain STEM dalam menghadapi revolusi 4.0 dan pengembangan peningkatan ekonomi.

Workshop yang berlangsung sampai pukul 17.00 WIB juga menyuguhkan beberapa pameran teknologi yang mendorong Industri 4.0. Selain itu juga ada pembagian doorprice, untuk peserta yang bisa menjawab pertanyaan.

Dalam sela-sela pemaparan, Dr Gatot menjelaskan program ini juga berkoordinasi dengan Dikti. Dalam PSMK ada 10 Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk mendampingi, salah satunya PENS, yang sesuai dengan bidang kompetensinya.

“Harapannya workshop kali ini sebagai awal di Jawa Timur untuk bersinergi dan berkolaborasi menyiapkan Sumber daya Manusia (SDM) yang berkopetensi. Selain itu, menyiapkan anak-anak didik kita untuk bersaing dengan cepat di dunia industri,“ ujar Dr. Gatot.

 

Sumber: PENS, ‘Siap Hadapi Persaingan Global, PENS Gelar Workshop dengan PSMK dan SEAMEO‘, 23 Januari 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/01/23/siap-hadapi-persaingan-global-pens-gelar-workshop-dengan-psmk-dan-seameo/> [diakses 19 Februari 2019]