SIMAR, Siap Meringankan Beban Pustakawan

/ / Berita
SIMAR, Siap Meringankan Beban Pustakawan

Surabaya – Sekali lagi, Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menampilkan karya untuk berlomba di PIMNAS 2018. Karya itu  “Simar Pustakawan” Sistem Manipulator Robot Pembantu Pustakawan. Sistem ini berfungsi  mempermudah pengunjung Perpustakaan dalam mencari buku.

Simar Pustakawan memakai  robot manipulator konfigurasi kartesian. Robot ini bentuknya seperti crane, yang dimodifikasi menggunakan mekanisme rack and pinion untuk gerakan ke kanan dan ke kiri (sumbu x). Selain itu, Simar Pustakawan juga menggunakan mekanisme belt, untuk gerakan naik turun (sumbu z). Untuk maju mundur menggunakan mekanisme linear screw (sumbu y).

Simar Pustakawan terhubung dengan komputer yang ada di perpustakaan. Jadi, pengunjung tidak harus berkeliling mencari buku, tapi tinggal memilih daftar buku yang tersedia di komputer. Kalau buku tersedia, maka robot Simar akan mengambil bukunya. Namun, kalau bukunya sudah dipinjam orang lain, maka akan muncul nada pemberitahuan di interface komputer.

Robot manipulator ini karya dari Ivan Ardianto (Teknik Mekatronika), Rifky Syarifudin (Teknik Mekatronika) dan M. Arsil Akbar (Elektronik Industri).  “Ide kami berawal dari pengamatan di bidang industri.  Banyak pekerja yang kesulitan mengambil barang di gudang karena tempatnya terlalu tinggi. Lalu kami berfikir untuk membuat alat, dan menerapkannya di kampus“, ujar  Ivan.

Keunggulan Simar Pustakawan yaitu menggunakan menggunakan sensor rotary, yang pemakaiannya menggunakan power suplay atau adaptor dengan tegangan 24 volt. Simar Pustakawan sementara, hanya bisa mengambil satu buku saja dengan beban maksimal kurang lebih 2 kilo.

 

Sumber: PENS, ‘SIMAR, Siap Meringankan Beban Pustakawan‘, 16 Agustus 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/08/16/simar-siap-meringankan-beban-pustakawan/> [diakses 12 September 2018]